Spotlight

3 Hal Istimewa soal Manga Jujutsu Kaisen

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 09 Feb 2021 14:37 WIB
Manga Jujutsu Kaisen
3 hal istimewa soal manga Jujutsu Kaisen Foto: Istimewa
Jakarta -

Manga Jujutsu Kaisen sedang populer di Jepang. Bahkan komik Jepang ciptaan Gege Akutami itu dianggap mampu menyaingi kepopuleran dari One Piece, Boruto: Naruto Next Generations sampai Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba.

Jujutsu Kaisen perdana terbit di Jepang pada 2017 dalam bentuk seri empat bab dalam majalah JUMP Giga terbitan Shueisha. Kemudian, manganya terbit dalam bentuk volume Jujutsu Kaisen O pada 2018 dan sampai sekarang rilis 13 volume.

Kini manga Jujutsu Kaisen segera mencapai bab ke-138 yang seharusnya terbit awal Februari. Tapi terpaksa hiatus karena alasan kondisi kesehatan komikus Gege Akutami.

Berikut 3 istimewanya manga Jujutsu Kaisen, seperti dirangkum detikcom:

1. Saingi Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Situs Oricon mengumumkan di survei data terbaru pada akhir November 2020, manga Jujutsu Kaisen berada di posisi kedua dalam kategori serial manga terpopuler yang terbit mingguan.

Dalam beberapa data lainnya, manga yang diterbitkan oleh Shueisha itu juga kerap berada di posisi ketiga dan sepertinya Jujutsu Kaisen bisa menyaingi Kimetso no Yaiba yang berada di puncak teratas.

2. Manga Terpopuler

Situs Oricon juga mencatat manga Jujutsu Kaisen sebagai terpopuler kelima setelah Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, Kingdom, One Piece, dan Haikyuu!!!. Bahkan manga Jujutsu Kaisen mencapai prestasi spektakuler dengan menempatkan 47 jilidnya sebagai manga yang paling banyak terjual di November 2020.

Manga Jujutsu Kaisen laku terjual sebanyak 8,5 juta pada awal Oktober 2020, 10 juta pada 29 Oktober 2020, 15 juta pada 16 Desember 2020, dan kemudian 20 juta pada 13 Januari 2021.

Angkanya terus meningkat sampai dikabarkan awal Februari terjual sebanyak 25 juta eksemplar.

3. Terbit di Indonesia

Bertepatan dengan penayangan versi anime yang diproduksi MAPPA sejak Oktober 2020, manga Jujutsu Kaisen juga terbit di Indonesia. Penerbit Elex Media yang merilisnya dengan format bookpaper sama seperti manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba.

Manga ini juga tetap menyertakan SFX (tulisan efek suara) dari edisi asli. Jujutsu Kaisen merupakan manga mingguan yang dirilis Shonen Jump mulai Maret 2018.

Manga ini masuk di nominasi manga shonen terbaik di penghargaan Shogakukan Award ke-65.



Simak Video "Rayakan Women's History Month, CL Muncul di Video Milik Google"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)