Spotlight

Manga Jujutsu Kaisen yang Lagi Naik Daun, Menjamur hingga ke Indonesia

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 09 Feb 2021 13:04 WIB
Manga Jujutsu Kaisen
Manga Jujutsu Kaisen tengah naik daun di Jepang Foto: Istimewa
Jakarta -

Jika manga One Piece dan Boruto: Naruto Next Generations selama lebih dari dua dekade digandrungi pencinta budaya populer Jepang, ada satu manga lagi yang tengah naik daun.

Sejak versi anime-nya ditayangkan di stasiun televisi Jepang pada Oktober 2020, nama Jujutsu Kaisen mulai menjamur sampai ke Indonesia. Bahkan anime Jujutsu Kaisen dianggap menyaingi Attack on Titan yang tak kalah trending di Tanah Air.

Yuk, mengenal manga Jujutsu Kaisen yang diciptakan oleh komikus Gege Akutami yang tengah naik daun di Jepang.

Anime Jujitsu Kaisen diadaptasi dari serial manganya yang terbit sejak 2017 dalam bentuk seri empat bab dalam majalah JUMP Giga terbitan Shueisha. Kemudian, manganya terbit dalam bentuk volume Jujutsu Kaisen O pada 2018 dan sampai sekarang rilis 13 volume.

Pada Januari 2019, manga Jujutsu Kaisen terbit dalam bahasa Inggris secara serentak dan menambah jangkauan pembacanya.

Dari Shueisha, manga Jujutsu Kaisen dilisensikan oleh Viz Media dan terbit lagi secara global pada 3 Desember 2019. Oktober 2020, versi anime-nya pun tayang di Jepang dan menjadi trending di negara tersebut.

Manga Jujutsu KaisenManga Jujutsu Kaisen Foto: Istimewa

Dalam sebuah wawancara, Gege Akutami menuturkan karyanya terinspirasi dari Neon Genesis Evangelion dan dua film horor Amerika Serikat (Get Out dan Hereditary).

Fokus cerita dalam manga pun memakai sumber kutukan yang terinspirasi dari Hunter x Hunter karya Yoshihiro Togashi.

Gege Akutami mengatakan cerita yang dibuatnya punya banyak pesan. Ia tidak ingin pembacanya maupun penonton Jujutsu Kaisen salah kaprah menangkapnya.

"Tidak ada orang yang memegang kebenaran tertinggi. Baik itu orang baik atau jahat, beberapa orang berusaha membunuh pahlawan demi keegoisan mereka, tapi ada juga dengan alasan yang masuk akal," ucap Gege Akutami, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (9/2/2021).

Setiap karakter yang dibuatnya berdasarkan etika masing-masing. "Tidak ada yang sepenuhnya benar dan salah," sambungnya.

Pada 26 Januari 2021, Shueisha mengumumkan manga Jujutsu Kaisen laku terjual sebanyak 25 juta kopi, dari angka sebelumnya 20 juta eksemplar. Naiknya jumlah peredaran manga Jujutsu Kaisen tak hanya terjadi pada awal 2021 saja.

Tapi sejak Oktober 2020, berkat tayangan anime Jujutsu Kaisen versi manganya pun naik drastis. Dari 8,5 juta tiba-tiba saja beredar menjadi 15 juta kopi di Jepang.

Apa istimewanya manga Jujutsu Kaisen? Baca artikel berikutnya ya.

Manga Jujutsu KaisenManga Jujutsu Kaisen Foto: Istimewa


Simak Video "Masashi Kishimoto Ambil Alih Manga Boruto"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)