Spotlight

Ngefans dengan Naruto dan Boruto? Kenalin Ada Komunitas Dunia Naruto ID

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 19 Jan 2021 14:45 WIB
Manga Boruto: Naruto Next Generations chapter 50
Komunitas Dunia Naruto ID menjamur di jagat maya Foto: Istimewa
Jakarta -

Komunitas karakter yang berasal dari manga dan anime bertebaran di Indonesia. Saking banyaknya, nama-nama komunitas tersebut menjamur di jagat maya.

Salah satu komunitas yang tak kalah digemari adalah @DuniaNarutoID, tempatnya para pencinta Naruto dan Boruto berkumpul. Berdiri sejak 2012, di Twitter komunitasnya sudah diikuti lebih dari 74 ribu pengikut dan Facebook ada 175 ribu pengikut.

Instagram @dunianarutoid_ juga menyapa para penggemar lewat platform tersebut dengan 53 ribu followers. Di media sosial mereka, ada berbagai bocoran mengenai semesta Naruto.

Kali ini spotlight culture detikcom, bakal membahas tentang Dunia Naruto ID. Salah satu admin Dunia Naruto ID, Ridzky, di awal berdiri ada satu orang pendiri yang membuat akun komunitas karena mau menyatukan kesamaan hobi.

"Seiring berjalannya waktu banyak orang yang besarin akun komunitas sampai dibuat rekrutmen terbuka. Sekarang ada 5 admin aktif yang urus," kata Ridzky ketika dihubungi detikcom.

Setiap hari, secara konsisten setiap admin mengunggah informasi mengenai Naruto dan Boruto.

Komunitas Dunia Naruto IDKomunitas Dunia Naruto ID Foto: Istimewa

"Karena anime Naruto kan sudah tamat, kelanjutannya Boruto yah, jadi postingannya soal manga Boruto atau animenya. Kalau sudah rilis biasanya diumumkan rilis atau ada spoilernya," katanya.

Sepanjang tahun 2020, manga Boruto selalu trending Google dan menjadi pembicaraan di timeline Twitter Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia membicarakan mengenai manga Boruto dan gregetan dengan alur ceritanya.

Misalnya saja saat karakter Kashin Koji dihadirkan dan ternyata mirip dengan sosok Jiraiya atau guru dari Naruto. Padahal Jiraiya sudah dimatikan dalam manga Naruto yang sebelumnya digarap oleh Masashi Kishimoto.

Kabar mengenai Naruto mati pun menjadi viral di Indonesia. Banyak yang tak menyangka komikus Ukyo Kodachi yang menuliskan ceritanya selalu menyelipkan hal-hal tak terduga.

"Di Indonesia, Naruto tidak kalah populer dari manga atau anime lainnya. Saking populernya, banyak yang bilang kalau ibu-ibu saja tahu. Jadi nggak heran kalau viral dan trending terus," ungkap Ridzky.

Kini manga Boruto diambil alih kembali oleh Masashi Kishimoto. Esok, sesuai tangal 20 setiap bulannya manga Boruto chapter 54 segera terbit.

Bagaimana kelanjutan cerita soal komunitas Naruto Indonesia? Simak artikel berikutnya ya.





Simak Video "Naruto Dikabarkan Mati, Meme Yasinan Ramaikan Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)