Spotlight

3 Kontroversi di Manga Boruto, Termasuk Teori Naruto Mati

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 08 Des 2020 14:26 WIB
Manga Boruto: Naruto Next Generations Chapter 49 terbit 20 Agustus 2020.
Manga Boruto kerap menuai kontroversi Foto: Istimewa
Jakarta -

Manga Boruto: Naruto Next Generations menimbulkan berbagai kontroversi selama beberapa bulan belakangan. Pro kontra yang dihasilkan menjadi trending topic Twitter dan Google di Indonesia.

detikcom merangkum berbagai kontroversi yang dihasilkan manga Boruto. Ada apa saja?

Pada 19 Juni 2020, nama Jiraiya kembali terpopuler di linimasa jagat maya. Jiraiya yang menjadi tokoh sentral di manga Naruto kembali 'dihidupkan' oleh Ukyo Kodachi, penulis cerita manga Boruto. Padahal di versi manga Naruto kematian Jiraiya terbilang tragis dan mengharu biru.

Di manga Boruto 47, fans terkejut dengan identitas sebenarnya dari karakter Kashin Koji yang merupakan anggota rahasia Organisasi Kara dan punya hubungan darah dengan Jiraiya yang meninggal.

Identitas Kashin Koji terungkap adalah clone atau manusia buatan Jiraiya. Gegara hal tersebut, fans marah dan meminta Ukyo Kodachi agar tidak memunculkan kembali kenangan akan Jiraiya yang sudah meninggal.

Kontroversi berikutnya yang tak kalah seru adalah ketika Sasuke juga dikabarkan bakal mengorbankan nyawanya untuk Konohagakure dan teman-temannya.

Manga Boruto: Naruto Next Generations Chapter 51, Naruto Diduga MatiManga Boruto: Naruto Next Generations Chapter 51, Naruto Diduga Mati Foto: Istime/ Twitter

Tapi di manga Boruto 51 yang terbit 20 Oktober 2020, Naruto justru yang berkorban demi Boruto, Sasuke, dan desa tercintanya. Teori mengenai Naruto mati menjamur di jagat maya dan membuat pembaca Indonesia 'berteriak' dan 'sedih'.

Kabar kematian Naruto di akhir manga itu terjadi ketika pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki. Dalam pertempuran besar itu, ketika Boruto akan menggantikan ayahnya, tapi Naruto menghalangi.

Manga Boruto 52Manga Boruto 52 Foto: Istimewa

Di akhir manga Boruto 51, saat Boruto terluka parah mencoba melawan Isshiki Otsutsuki, Naruto yang dikelilingi kubus hitam kehilangan kekuatannya. Bahkan ia tidak bisa mendeteksi keberadaan Boruto dan Sasuke di dimensi tersebut.

Kurama yang ada di dalam diri Naruto pun muncul. Di saat yang bersamaan, Kurama memberikan ide untuk menyelamatkan Boruto dan warga desa Konoha.

Teori Naruto mati membuat Masashi Kishimoto mengambil alih kembali manga Boruto. Ia membuat Ukyo Kodachi pensiun dari tugas sebagai penulis cerita karena kabarnya ingin mematikan karakter utama Naruto.



Simak Video "Masashi Kishimoto Ambil Alih Manga Boruto"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)