Spotlight

Banksy Siapkan Aksi Terbesar di 2021

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 05 Jan 2021 16:22 WIB
Kapal penyelamat imigran Banksy
Foto: CNN
Jakarta -

Seniman jalanan Banksy menyiapkan aksi terbesarnya di tahun 2021. Untuk pertama kalinya, Inggris sebagai negara asal Banksy akan menyelenggarakan pameran seni unik dari seniman aktivis politik misterius yang identitasnya masih dirahasiakan tersebut.

Banksy selama tiga dekade terakhir secara anonim telah menandai jalanan di seluruh dunia.

Diluncurkan pada Maret 2021, eksibisi berjudul The Art of Banksy akan menampilkan karya-karya kenamaannya. Di antaranya ada Flower Thrower, Rude Copper, dan Girl with Balloon, serta karya-karya yang jarang dilihat oleh masyarakat umum.

Kurator seni pameran Banksy menuturkan ini adalah pameran satu-satunya dan paling ditunggu para pencinta seni.

"Banksy adalah seniman paling kuat dan terkenal di seluruh generasi yang sejauh ini telah diabaikan sepenuhnya oleh perusahaan," tuturnya.

"Tidak ada alasan mengapa tidak boleh ada Banksy yang tergantung di setiap museum seni kontemporer terbesar di dunia," sambungnya.

Karya-karya yang dipamerkan adalah cetakan, kanvas, cetakan layar, pahatan, karya unik, dan edisi terbatas yang berasal dari tahun 1997 sampai 2008. Periode saat Banksy menghasilkan karya yang paling dikenal.

Pada 2020, karya-karya Banksy paling cemerlang saat pandemi COVID-19. Ada banyak mural dan lukisannya yang memukau pencinta seni, salah satunya lukisan Show Me the Monet yang terjual Rp 88,2 miliar di Oktober 2020.

Kabarnya Banksy ikut menyeleksi karya yang masuk ke dalam pameran. The Art of Banksy sebelum ke Inggris, sudah mengunjungi tempat-tempat lainnya seperti Sydney, Miami, Amsterdam, Istanbul, Tel Aviv, dan Toronto yang menyambut lebih dari 750 ribu pengunjung.

Siap mengintip karya-karya di pameran seni The Art of Banksy yang berlangsung dari 25 Maret hingga 26 September 2021 di London?



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)