Spotlight

Banksy Cemerlang di Momen Pandemi, Apa Aksi Selanjutnya di 2021?

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 05 Jan 2021 14:55 WIB
Virus corona: Seniman Banksy ciptakan karya kamar mandi di kala lockdown
Banksy cemerlang di 2020, bagaimana dengan 2021? Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Nama sosok seniman misterius asal Bristol, Inggris, mencuri perhatian sepanjang 2020. Banksy tetap membuat sensasi dan berulah meski pandemi COVID-19 menghadang dunia.

Setelah menghebohkan publik dan pencinta seni di balai lelang Sotheby pada Oktober 2018 dengan memotong secara otomatis lukisan Girl with the Balloon. Saat pandemi, Banksy membuat berbagai karya yang tak kalah heboh.

Dimulai dari rumah pribadinya, ia posting mural tikus hitam putih yang merajalela di dalam kamar mandi. Tikus-tikus itu membuat gaduh kamar mandi Banksy dan bergelantungan memecahkan berbagai barang.

Mural yang kembali merajalela saat pandemi yang menghebohkan adalah mural tikus di gerbong kereta bawah tanah di London, Inggris. Seniman jalanan asal Inggris itu bertingkah seperti petugas disinfeksi yang bertugas yang tengah melakukan tugas menyemprot gerbong.

Gara-gara mural tersebut, pemerintah kota geram dan mengatakan Banksy melanggar kebijakan anti-gratifi ketat yang ada di Transport for London.

Meski begitu, juru bicara Transport for London menghargai karya seni Banksy. Mereka menawarkan Banksy untuk melakukan pekerjaan baru bagi warga London di lokasi yang sesuai.

"Kami menghargai Banksy yang identitasnya tertutup dan pesan agar masyarakat selalu memakai masker wajah. Kami ingin memberikan kesempatan yang lain untuk Banksy," tulis juru bicara tersebut.

Aksi Banksy lainnya yang paling menghebohkan adalah kapal pengungsi di Laut Mediterania yang diwarnai oleh mural berwarna pink. Kapal bernama Louise Michel berlayar dan menyelamatkan para migran.

Kapal penyelamat migran yang didanai seniman BanksyKapal penyelamat migran yang didanai seniman Banksy Foto: Istimewa

Kapalnya sudah berlayar di laut lepas Mediterania sejak pertengahan Agustus. Setiap harinya, kru yang terdiri 10 orang berkicau di Twitter dan mengabarkan tentang situasi terkini dari Louise Michel.

Proyek itu bertujuan menyelamatkan migran yang hanyut dan terdampar di lautan lepas agar bisa selamat dan menemukan suaka. Aksi Banksy mendapat sorotan dari dunia khususnya Uni Eropa.

Bagaimana dengan aksi Banksy di 2021? Pada Maret 2021, Banksy kabarnya menggelar pameran tunggal The Art of Banksy.

Eksibisi ini disebut menjadi yang terbesar sepanjang kariernya antara tahun 1997 sampai 2008. Nantinya, The Art of Banksy bakal traveling ke Sydney, Miami, Amsterdam, Istanbul, Tel Aviv, dan Toronto yang diprediksi mencapai 750 ribu pengunjung.



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)