Para Pencinta Luffy Cs, Kenalan Yuk dengan Komunitas One Piece Indonesia

ADVERTISEMENT

Spotlight

Para Pencinta Luffy Cs, Kenalan Yuk dengan Komunitas One Piece Indonesia

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 15 Des 2020 16:02 WIB
Komunitas One Piece Indonesia
Komunitas One Piece Indonesia Foto: Komunitas One Piece Indonesia/ Istimewa
Jakarta -

Bagi kamu pencinta Monkey D Luffy Cs, saatnya bergabung dengan Komunitas One Piece Indonesia atau disingkat Kopi Pirates. Ya, di Indonesia ada satu komunitas yang punya satu kecintaan yang sama terhadap karakter-karakter manga ciptaan Eiichiro Oda tersebut.

Kali ini, spotlight culture detikcom bakal membahas mengenai Komunitas One Piece Indonesia yang eksis selama 10 tahun belakangan. Bahkan komunitas ini punya regional di Balikpapan, Padang hingga Surabaya dan jumlahnya sudah mencapai ratusan ribu orang.

Komunitas One Piece Indonesia yang berdiri sejak 9 Juli 2010 bermula dari keisengan di antara dua orang pendiri komunitas yakni Ivan Tio Sadewa dan Ade Alwi Hermawan.

Dua sahabat itu tadinya mengikuti fandom (grup fans) segala hal tentang manga. Suatu hari, keduanya yang gemar membaca manga One Piece, sempat berkelakar tentang membuat grup soal One Piece.

Komunitas One Piece IndonesiaKomunitas One Piece Indonesia Foto: Komunitas One Piece Indonesia/ Istimewa

"Trus kita buat nih, ternyata permintaannya banyak juga. Peminat ada banyak. Di Facebook kami sering berbagi pesan kepada semua anggota soal informasi Komunitas One Piece Indonesia. Setahun berikutnya baru ikut kopdar (kopi darat) dan kumpul-kumpul," tutur Ivan Tio ketika dihubungi detikcom, belum lama ini.

Saat kumpul perdana hanya sekitar 30 orang yang datang. Dari situ, satu per satu kegiatan Komunitas One Piece Indonesia semakin menjamur.

Ada yang mengikuti event costume player (cosplay), bakti sosial, buka puasa bersama, dan kopdar yang konsisten digelar. Kopdar yang terbaru digelar sebelum pandemi adalah nonton bareng atau nobar film One Piece Stampede di 2019 dengan menyewa satu studio di bioskop.

"Kami juga aktif mengikuti penggalangan dana, salah satunya waktu bencana tsunami di Banten, kami ikut berdonasi," lanjutnya.

(Baca halaman berikutnya soal Komunitas One Piece Indonesia)



Simak Video "Live Action One Piece 'Berlayar' di Tahun 2023"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT