Spotlight

Hei Seniman, Ikut Inktober Yuk agar Dapat Koneksi dan Dikenal Publik!

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 20 Okt 2020 16:40 WIB
Komunitas Inktober Indonesia
Inktober Indonesia Foto: Darmo1607/ Inktober Indonesia/ Instagram
Jakarta -

Bagi para seniman dan ilustrator yang gemar menggambar, ada platform komunitas bernama Inktober yang berdiri sejak 2015. Komunitas Inktober Indonesia mengajak siapapun untuk berkarya setiap bulan Oktober.

Inktober tak sekadar komunitas online yang posting ulang karya para seniman dan ilustrator. Kevin dari Inktober Indonesia mengaku ada banyak manfaat dari komunitas yang didirikannya.

"Saya merasakan waktu ikut Inktober internasional, karya saya di-posting ulang dan saya dapat banyak job. Ada logo, branding produk, sampai job ilustrasi," tutur Kevin saat dihubungi detikcom, Selasa (20/10/2020).

Pria yang kini tinggal di Medan itu menuturkan melalui Inktober, para pelaku seni bisa memperluas koneksi, berjejaring, dan dikenal oleh publik umum.

"Kalau sebenarnya soal manfaat ya itu buat kita sendiri ya, manfaat personal jadi membuat kita terbiasa setiap hari menggambar. Konsisten setiap hari, Inktober ingin membangun kebiasaan itu," lanjut Kevin.

Inktober memang mengajak para seniman dan ilustrator untuk berkarya setiap hari. Karya-karya itu harus menggunakan media menggambar tinta seperti pulpen dan spidol.

[Gambas:Instagram]



Biasanya komunitas Inktober internasional membuat tema tertentu setiap harinya, dan tema itu yang menjadi inspirasi bagi seniman menggambar. Inktober Indonesia pun kerap menggunakan tema-tema tersebut.

Tapi kini Kevin mengatakan tidak ada tema khusus untuk tahun ini. "Tinta kan sudah menjadi basic menggambar seniman, karya apapun sekarang diterima juga yah, yang beragam dari mixed media juga diterima," kata Kevin.

Sejak awal bulan Oktober sampai sekarang, sudah ada lebih dari 15 ribu karya seni yang masuk ke akun Instagram @inktober.id.

Inktober secara global dimulai pada 2009 oleh Jake Parker. Lewat komunitas Inktober yang didirikan, ia ingin menantang para seniman dan ilustrator agar meningkatkan kemampuan berkarya setiap hari.

Bulan Oktober pun sengaja dipilih sebagai bulannya Inktober yang mengajak siapapun menggambar. Simak artikel berikutnya ya.



Simak Video "Saksi Pemukulan Eks Manajer Lucinta Sempat Diminta Hilangkan Barbuk "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)