Spotlight

Fenomena Tren Sepeda dan Jepretan Unik ala Fotografer Panji Indra

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 22 Sep 2020 12:32 WIB
Fotografer Panji Indra Jepret Pesepeda Lewat The Cyclists Potrait
Akun Instagram The Cyclist's Potrait menjepret fenomena sepeda dan para pesepeda Foto: thecyclistportrait, Panji Indra/ Instagram
Jakarta -

Sepeda dan pesepeda menjadi fenomena tersendiri di masa pandemi COVID-19. Tiba-tiba saja sepeda menjadi sebuah tren. Masyarakat Indonesia berbondong-bondong membeli sepeda yang membuat kendaraan tersebut kini laris manis.

Di balik fenomena para pesepeda, fotografer bernama Panji Indra yang tinggal di Tangerang Selatan memotret keunikan tersebut lewat karya kreatifnya.

Fotografi bergaya jalanan yang terangkum di akun Instagram @thecyclistpotrait, tak sekadar sebuah jepretan belaka. Di hari-hari tertentu, Panji Indra bersepeda dari rumahnya membawa background kain berwarna abu-abu yang dilipat di sepeda, ada lighting, dan perlengkapan kamera lengkap.

"Karena memang konsep gue dari pesepeda untuk pesepeda, keliling pakai sepeda. Semua harus ringkas menjadi satu yang gue lipat, dibawa di tas backpack sepeda," tutur Panji ketika dihubungi detikcom, Senin (21/9/2020).

Pria berusia 41 tahun itu menuturkan awal menggarap proyek The Cyclist's Potrait karena pandemi berdampak ke usaha fotografi yang dibangunnya.

"Gue mulai mikir, sebenarnya pengin buat suatu karya supaya otak nggak mampet. Secara kreativitas masih tersalurkan, biar bisa me-create sesuatu, dan formulasinya menggabungkan antara hobi dan pekerjaan gue," cerita Panji soal asal mula proyek yang dilakoni sejak akhir Agustus.

Fotografer Panji Indra Jepret Pesepeda Lewat The Cyclist's PotraitFotografer Panji Indra Jepret Pesepeda Lewat The Cyclist's Potrait Foto: thecyclistportrait, Panji Indra/ Instagram

Panji yang punya latar belakang sebagai fotografer fashion dan potrait pun senang akhirnya bisa menggabungkan dua elemen tersebut. Momentum sepeda pun dinilainya tepat.

"Yang motret orang sepedaan sudah banyak, sudah banyak akun Instagram yang sudah ada spesifikasinya juga. Misalnya ada banyak pesepeda yang lagi sepedaan dipotret candid, lalu di-upload ke akun Instagram. Dia berharap orang-orang beli fotonya, sama saja kayak foto keliling," terang pria yang aktif menjadi pesepeda sejak tahun 2010.

Tak disangka ketika memulai proyek The Cyclist's Potrait, sambutannya luar biasa. Dimulai dari mendekati teman-teman pesepeda yang dikenal, Panji mulai merambah ke komunitas lainnya.

Fotografer Panji Indra Jepret Pesepeda Lewat The Cyclist's PotraitFotografer Panji Indra Jepret Pesepeda Lewat The Cyclist's Potrait Foto: thecyclistportrait, Panji Indra/ Instagram

Dari mulai mengumumkan membuka lapak gratis bagi pesepeda yang ingin dijepret, lambat laun Panji juga membuka orderan bagi mereka yang ingin difoto bersama sepeda kesayangan. Jenis-jenis sepeda yang dipotret pun beragam.

Di tengah aktivitas memotret para pesepeda, Panji terenyuh ketika menyadari ada banyak orang yang menggunakan sepeda untuk mencari berjuang nafkah.

"Mereka yang jualan memakai sepeda, menurut gue pejuang jalanan yang sebenarnya. Sebenarnya mereka-lah road bike yang sebenarnya," tukasnya.

Bagaimana kelanjutan fotografer Panji Indra dalam memotret keseharian pesepeda dan para pejuang nafkah? Baca artikel berikutnya di spotlight culture detikHOT ya.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Keindahan Visual ala Foto Bawah Air Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)