Spotlight

Cerita Imelda Adams yang Karyanya Terpilih Tampil di Akun Resmi Instagram

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 23 Jun 2020 13:24 WIB
Seniman Imelda Adams
Foto: @Imeldaams/ Instagram
Jakarta -

Tak banyak seniman Tanah Air yang profil maupun karya-karya seninya terpilih dipublikasikan di akun resmi Instagram. Pada 23 Mei, salah satu unggahan Instagram dipenuhi oleh komentar bahasa Indonesia.

Profil dan karya seni dari seniman asal Cilegon, Banten, Imelda Adams, ada di timeline akun resmi Instagram. Takjub dan bangga, akhirnya ada seniman Indonesia yang karyanya mendunia dan dipromosikan oleh salah satu platform media sosial terbesar.

Bagaimana ceritanya profil Imelda Adams terpilih tampil di akun resmi Instagram?

Kepada detikcom, perempuan yang akrab disapa Imel menuturkan awal mula karya-karyanya dilirik.

"Awalnya ada yang DM (Direct Message), orangnya bilang akun aku kan di-feature oleh Instagram, aku kaget karena followers kan baru 4.000, oh aku pikir fake nih," cerita Imel ketika diwawancarai detikcom via telepon, belum lama ini.



Tak disangka, obrolan dari DM itu berlanjut ke email. Imel baru menyadari pihak yang menghubunginya kala itu adalah perusahaan Instagram cabang Asia Pasifik.

Di email, pihak Instagram yang kantor pusatnya di AS baru membalas email dan menjelaskan maksud dari profil di-feature. Saat itu, ada tema Month of Good atau bulan kebaikan yang diusung Instagram.

Seniman Imelda AdamsSeniman Imelda Adams Foto: @Imeldaams/ Instagram



"Karena bulan kebaikan, aku bikin lukisan tentang aku waktu di bulan puasa. Saat itu aku melukis untuk amal karena pandemi Corona yang hasilnya akan dibagikan untuk tenaga medis. Itu bersama teman-teman seniman Magelang dan lainnya," tutur Imel.

Dalam lukisan tersebut, Imel menggambarkan sosok ia tengah melukis ada keluarga yang duduk di meja makan. Karya yang terinspirasi dari hikmah saat pandemi COVID-19 agar lebih dekat dengan orang terkasih.

[Gambas:Instagram]





Sejak awal Maret, pemerintah Indonesia mengharuskan warganya agar berada di dalam rumah agar meminimalisir penyebaran COVID-19. Imel pun menggambarkannya dengan jelas di dalam lukisan.

"Simple-nya itu esensi tentang kehidupan saat pandemi," tutur Imel yang juga aktif bermain musik.

Setelah berkomunikasi dengan perusahaan Instagram pusat di AS, Imel menampilkan konten-konten yang berbeda dari unggahan sebelumnya.

"Mereka nggak kasih tahu kriterianya apa sampai aku terpilih. Mungkin karena karya-karyaku unik dan berbeda dari yang lainnya. Jadi mau di tampilkan di akun resmi Instagram," pungkasnya.



Simak Video "Kabar Gembira! 26.500 Seniman Dapat Bantuan Rp 1 Juta per Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)