Spotlight

Cerita Ngomik Maksa Dicap Buzzer Partai Politik

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 14 Jul 2020 14:36 WIB
Ngomik Maksa
Komikus di balik akun Instagram @ngomikmaksa kerap disebut sebagai buzzer partai politik Foto: @ngomikmaksa/ istimewa
Jakarta -

Abdi Rahman, 28 tahun, dikenal sebagai komikus di balik akun Instagram @ngomikmaksa. Berdiri sejak 2015, komik digitalnya kerap menyentil persoalan politik dan sosial di Indonesia.

Selama 5 tahun belakangan menjadi seorang komikus, Abdi Rahman mengatakan berbagai anggapan pernah dilontarkan netter.

"Saya dibilang buzzer, komikus bayaran nih. Trus, dibilang komiknya kayaknya pesanan nih," kata Abdi Rahman ketika dihubungi detikcom, belum lama ini.

Bukan satu atau dua kali saja anggapan itu disebut warganet. Abdi Rahman yang berdomisili di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengaku tidak mengambil pusing anggapan tersebut.

"Kalau sekarang sudah jarang update, jadi cari aman saja karena jarang posting yang nyentil-nyentil," katanya.

Ngomik MaksaNgomik Maksa Foto: @ngomikmaksa/ istimewa

Menurut Abdi, isu politik adalah yang paling banyak dikomentari oleh netizen. Khususnya ketika ia membuat komik saat Pilpres beberapa waktu lalu.

Ada banyak pendukung partai politik maupun calon presiden tertentu yang gencar 'saling menyerang'. Abdi pun pernah diserang dengan cibiran mendukung salah satu capres tertentu.

"Sebenarnya saya apa saja disikat kalau ada isu atau peristiwa yang lagi ramai. Netral aja sih sebenarnya tapi terus-terusan diserang pendukungnya. Saya juga dibilang barisan sakit hati," ungkap Abdi Rahman sembari tertawa.


Asal Mula Nama Ngomik Maksa

Akun Instagram @ngomikmaksa yang eksis berdiri sejak tahun 2015 menjadi salah satu rekomendasi komik digital yang bisa diikuti. Sebenarnya apa sih arti dari kata Ngomik Maksa?

[Gambas:Instagram]



Abdi menuturkan nama itu bermula dari keisengan dan sejarah awal ia terjun ke industri komik. Ia menyadari dirinya bukanlah seorang komikus maupun orang yang kuliah Desain Komunikasi Visual (DKV) dan jurusan Seni Rupa di kampus ternama.

"Saya bukan komikus, cuma pengen gambar saja. Makanya gambar saya jadi agak maksa, ya sudah lah namanya jadi ngomik maksa. Hahaha....," pungkasnya.

Simak artikel berikutnya ya.



Simak Video "Ilustrator Komik Superman Biseksual Dapat Ancaman Pembunuhan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)