Spotlight

Jokowi hingga Ahok Jadi Inspirasi Komik Faktap

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 26 Nov 2019 14:00 WIB
Foto: @komikfaktap/ Istimewa
Jakarta - Tokoh-tokoh besar Indonesia kerap menjadi inspirasi bagi Komik Faktap dalam berkarya. Di antaranya adalah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Thahaja Purnama (Ahok).

Kedua sosok itu diakui pria yang bernama lengkap Iskandar Salim itu menginspirasinya. "Iya menginspirasi, mereka berdua waktu itu sangat kontekstual dan memberi satu inspirasi," kata Is ketika dihubungi detikcom.

Jokowi maupun Ahok, lanjut Is, hadir dalam panggung politik dan mewarnai sosok publik figur Tanah Air.

"Dengan sendirinya saya bikin tentang mereka. Saya senang saja menggambar tentang mereka," lanjut Is lagi.



Contohnya saja ilustrasi yang menggambarkan aksi Jokowi naik moge di pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama GBK yang menarik perhatian. Atau dalam iklan Asian Games 2018 yang Jokowi naik moge lalu bertemu anak laki-laki berseragam Pramuka.

Tapi dalam panel komik, siswa berseragam Pramuka itu tengah memegang es krim dan kaget ketika melihat Jokowi. Sayangnya ketika Jokowi melesat dengan moge, es krimnya justru jatuh dan membuat dirinya menangis.

Ada juga ilustrasi sosok Bu Susi Pudjiastuti yang digambarkan seperti Wonder Woman dan gambar frasa 'Tenggelamkan' yang menggema di kelas. Ada juga sosok Ahok bersama Jokowi hingga Prabowo tengah menonton 'Avengers: Endgame' di studio bioskop.



Ketika menggambar para sosok besar, Is mengaku tidak selalu sesuai dengan konteks yang ada. "Kadang ada kepikiran seperti Ahok jadi Komisaris Umum Pertamina, tapi karena satu dan lain hilang terbentur. Kadang kan hilang greget juga," katanya.

Dalam berkarya, Komik Faktap yang melahirkan satu buah buku itu juga kerap nyeleneh, komedi, dan penuh pesan tersembunyi. Bagaimana cerita berikutnya? Simak artikel berikutnya ya.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "10 Drama Korea yang Siap Hadir di Bulan Oktober"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)