Wawancara Eksklusif

Kisah di Balik Lagu Legendaris 'Gang Kelinci' Ciptaan Titiek Puspa

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 20 Des 2021 08:43 WIB
Titiek Puspa
Titiek Puspa ceritakan di balik kisah lagu Gang Kelinci. Foto: Pingkan/detikcom
Jakarta -

Lagu Gang Kelinci yang dipopulerkan Lilis Suryani pada 1963 adalah lagu ciptaan dari Titiek Puspa.

Lagu itu hingga sekarang masih terkenal di kalangan masyarakat. Bagaimana tidak, setelah Lilis Suryani meninggal dunia, Titiek Puspa mulai menyanyikan Gang Kelinci lagi di televisi.

Saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini, Titiek Puspa sempat menceritakan kisah di balik lagu tersebut kepada detikcom.

Rupanya, lagu itu memang diminta sejak Lilis Suryani masih kecil. Saat itu Lilis Suryani mendatangi Titiek Puspa yang tinggal di kawasan Raden Saleh, Jakarta Pusat.

Saat itu Lilis Suryani masih sangat kecil. Ia berkunjung hendak meminta lagu dari Titiek Puspa.

Saat itu Titiek Puspa menyambut Lilis Suryani dengan baik. Ia bahkan membiarkan Lilis Suryani lebih dulu bermain di rumahnya.

"Jadi Gang Kelinci itu tahun berapa ya, 1963 itu Lilis Suryani masih kecil uprikitik isiprikitik," ujar Titiek Puspa.

"Dia datang dari rumahnya ke tempat saya. Saya di Raden Saleh nah dia di Pasar Baru di Gang Kelinci. Nah itu pagi-pagi udah dateng, 'Tante bikinin lagu dong.' Terus ya iya sini main dulu sini-sini,'" cerita Titiek Puspa.

Lalu Lilis Suryani bermain sampai sore di rumahnya. Titiek Puspa pun lupa membuatkan lagu dan hanya bisa mengantarkan Lilis Suryani pulang ke rumah.

Titiek Puspa saat itu naik becak dan masuk ke dalam Gang Kelinci bersama Lilis Suryani. Ia mengamati banyak orang dan keadaan di Gang Kelinci.

"Terus pas sudah sore, 'Tante mana lagunya?' 'Hah iya gimana ya. Sudah deh ini sudah sore kamu pulang.' Tak anterin pakai becak dulu. Dari Raden Saleh ke Pasar Baru, masuk ke Gang Kelinci," lanjutnya.

Saat itu Gang Kelinci sangat sempit. Banyak anak-anak berlarian ke sana, ke sini, dan menjadi inspirasi untuk Titiek Puspa.

Lalu Titiek Puspa sempat bersenandung di dalam becak sepulang dari rumah Lilis Suryani. Kemudian muncullah nada dan lirik untuk lagu Gang Kelinci.

"Itu gangnya seiprikitik, bocahnya banyak alah ramai banget. Nah pulangnya itu saya naik becak, di dalam becak itu saya bersenandung gitu, sudah jadi lagunya. Sampai rumah ya sudah jadi lagunya," tutur Titiek Puspa sambil tertawa.

Titiek Puspa pun mengakui, ia memang kerap menciptakan lagu dari hal-hal yang ia alami sendiri. Atau, biasanya Titiek Puspa mendapatkan inspirasi dari cerita orang lain.

"Iya memang yang saya lihat. Emang itu anak-anak banyak banget di gang itu," tutupnya.



Simak Video "Titiek Puspa, Cara Berkarya dan Perjuangan hingga Usia Senja"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/pus)