ADVERTISEMENT

Wawancara Eksklusif

Kata Titiek Puspa Tak Perlu Narkoba untuk Dapat Inspirasi

Pingkan Anggraini - detikHot
Minggu, 19 Des 2021 21:43 WIB
Titiek Puspa
Titiek Puspa tak perlu narkoba untuk bisa dapatkan inspirasi Foto: Pingkan/detikcom
Jakarta -

Beberapa musisi Tanah Air terjerat narkoba dan menghabiskan beberapa sisa waktu mereka di penjara atau pusat rehabilitasi. Tampak hingga sekarang, narkoba masih kerap memeluk erat tak cuma musisi.

Dalih mereka yang terjerat narkoba karena merasa banyak mendapat inspirasi ketika menggunakannya. Namun, apakah hal itu benar adanya?

Titiek Puspa sebagai musisi legendaris pun angkat bicara. Sambil berbincang santai dengan detikcom belum lama ini, Titiek Puspa merasa setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam mendapatkan inspirasi.

Sambil berseloroh, Titiek Puspa mengaku bahkan dirinya setiap mencari inspirasi membuat lagu biasanya pergi ke dapur untuk mencari makanan.

"Ya itukan mimpinya orang lain-lain ya," ujar Titiek Puspa, di kawasan Jakarta Selatan.

"Kalau dia narkoba kalau saya nardapur, ke dapur cari makanan," lanjutnya sambil tertawa.

Lebih lanjut, Titiek Puspa mengaku, ia justru ingin merasakan hal lain ketika membuat lagu. Biasanya Titiek Puspa membuat lagu berdasarkan kisah yang pernah datang padanya.

Kisah tersebut beragam. Ada yang kisah nyata tentang pengalaman pribadinya, ada yang pengalaman orang lain.

"Kalau saya dapatnya mesti begitu ya, nggak tahu ya. Kalau saya kalau bikin lagu lebih nge-touch lagi kalau saya bisa melihat," ungkap Titiek Puspa.

Seperti halnya lagu Kupu-Kupu Malam yang pernah ia ciptakan dulu. Titiek Puspa mengaku itu adalah kisah nyata dari seorang perempuan yang dahulu pernah menghampirinya.

Perempuan itu banyak bercerita dengan musisi yang kini sudah menginjak usia 84 tahun. Saat itu mereka juga saling berdoa demi kehidupan yang lebih baik.

Titiek Puspa kemudian menuliskan cerita itu pada lagu Kupu-Kupu Malam.

"Terus kalau lagu Kupu-Kupu Malam itu, ada seorang kupu-kupu malam datang ke saya ngobrol mengenai ini. Akhirnya kita berdua berdoa," jelas Titiek Puspa.

Setelah lagu itu ramai di pasaran, perempuan yang diceritakan dalam lagu itu datang menghampiri Titiek Puspa membawa kabar bahagia.

Pertemuan kembali mereka saat itu terbilang sangat haru. Mereka kemudian berpelukan dan menangis bersama.

"Nggak sampai 10 hari dia dapat suami. Lagu sudah saya nyanyiin. Pernah lagi nonton film, tiba-tiba dia datang dan peluk saya dari belakang. 'Tante Titiek, saya sudah nikah.' Saya tahu itu suara dia," tutur Titiek Puspa.



Simak Video "Titiek Puspa, Cara Berkarya dan Perjuangan hingga Usia Senja"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT