ADVERTISEMENT

YouTube Bikin Penyanyi Magelang Woro Widowati Terkenal

Eko Susanto - detikHot
Minggu, 14 Nov 2021 14:26 WIB
Woro Widowati
Foto: (dok. Eko Susanto/detikcom)


Situasi di tengah pandemi ini, katanya, bukan halangan untuk berhenti menghasilkan karya. Saat pandemi ini, ia menggunakan YouTube untuk media promosi cover lagu maupun single lagu berbahasa Jawa yang dibawakan.

"Pandemi bukan berhenti menghasilkan karya. Mau nggak mau karena sekarang mungkin media promosi yang bisa dilakukan cuman dari YouTube. Jadi kita memang menaikkan (upload) di YouTube," katanya.

Single lagu Woro Widowati berjudul Ikhlas Ngenteni pada bulan Oktober lalu masuk nominasi Jateng Musikgram kategori Penyanyi Dangdut Tergayeng. Untuk single ini penonton di akun YouTube pribadinya, Woro Widowati Official hampir mencapai 12 juta.

"Iya kemarin. Sebenarnya kalau menang mboten, tapi masuk nominasi lagu dangdut tergayeng. Dari Jateng Musikgram. Oktober kemarin," ujarnya.

Menanggapi kreativitas yang dibawakan Woro Widowati, seniman asal Magelang, Gepeng Nugroho menilai, timing yang tepat bagi Woro Widowati. Untuk saat ini, timing yang tepat untuk media sosial sebagai publikasi. Kemudian cover-cover lagu yang dibawakan di terima di masyarakat.

"Sebenarnya memang momen, namanya ketepatan baik itu pelaku seni maupun ketepatan kreator, terutama kreator-kreator muda itu kan menjadi kunci sukses juga. Timing yang tepat. Nah berangkat dari itu, saya melihat sosok Woro itu memang timingnya menjadi sangat tepat ketika media sosial lewat YouTube dan seterusnya sebagai media publikasi itu yang sangat mudah serta sering dipakai orang," kata Gepeng.

"Woro menggunakan media itu (YouTube) dan memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat waktu itu dengan mengkover-cover lagu yang sedang populer dan seterusnya. Itu menjadikan seperti sekarang ini Woro. Nah, tapi di luar itu ketika dia misalnya tidak memiliki talenta yang kuat tentu saja hal itu nonsense. Jadi pastilah kemudian ada talenta yang memang kuat dari diri Woro, saya lihat seperti itu," ujar Gepeng yang juga pernah memutar film karyanya dalam Panggung Kahanan, itu.

Gepeng mengakui, pengcover lagu-lagu Jawa, Pop Jawa itu berkat jasa dari almarhum Didi Kempot. Saat itu, Didi Kempot ngehits, kemudian banyak yang mengkover lagu-lagu Jawa sehingga membuat pencipta lagunya kalah ngetop dengan yang mengkover lagu tersebut.

"Kawan-kawan pengcover lagu terutama lagu Jawa, Pop Jawa begitu, itu memang mau nggak mau, kita akui memang jasa dari Didi Kempot. Ketika Didi Kempot ngehits, lalu kemudian banyak kawan-kawan mengcover lagu akhirnya kemudian justru banyak lagu-lagu atau banyak penyanyi-penyanyi, pencipta lagu yang kalah ngetop dengan kawan-kawan yang mengover lagu," ujar dia.

Salah satu warga, Novi Ika Wibowo yang tinggal di Magelang, mengaku senang dengan suara bagus yang dibawakan Woro Widowati. Lagu yang dinyanyikan Woro memiliki suara yang khas.

"Woro Widowati itu suaranya bagus, ada ciri khasnya. Terus enak di dengar lagu-lagunya," ujarnya.

"Suaranya agak serak-serak gimana, gitu. Saya senangi jelas dari suaranya. Iya (sering mendengarkan)," katanya.



Simak Video "Asyiknya Menyusuri Gua Sumitro di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]

(dal/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT