Fakta di Balik Nama Unik Once Eks Dewa 19

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 02 Nov 2021 19:04 WIB
Once Mekel di Main Stage detikHOT
Foto: Asep Syaifullah
Jakarta -

Nama Once dikenal sejak dahulu ia menjadi vokalis Dewa 19. Kini Once telah resmi mendeklarasikan mundurnya dari Dewa 19 sejak 2011.

Meski begitu, nama Once tidak pernah padam bahkan hingga sekarang.

Lalu, nama Once yang dikenal banyak orang bukanlah nama asli dari musisi 51 tahun ini. Ia memiliki nama asli Elfonda Mekel.

Pada YouTube Badai Tivi, dikutip detikcom, Selasa (2/11/2021), Once menjelaskan arti nama panggungnya itu.

Nama Once ia dapat sejak kecil. Saat itu kakak-kakaknya sulit memanggil dengan nama Elfonda, sehingga tercetus lah nama Once.

"Jadi waktu kecil, kakak-kakak gue nggak bisa bilang nama Elfonda, terlalu rumit. Jadi mereka panggil gue, Once. Jadi itu panggilan kakak-kakak gue sih," ujar Once santai.

Once pun melanjutkan, namanya itu mungkin di Indonesia tidak ada lagi yang menggunakannya. Once merasa ia satu-satunya pemilik nama Elfonda di Tanah Air ini.

"Nama gue Elfonda, kayaknya nggak ada di dunia di seluruh dunia. Terus Once aja mungkin cuma gue di Indonesia," tutur Once lagi.

Kembali membahas perihal namanya, Once pun mengaku sempat ingin diberi nama Elvis. Hal itu karena sang ayah dahulu sangat menyukai sosok musisi rock and roll, Elvis Presley.

Once menjelaskan, dari hal tersebut namanya dahulu ingin menjadi Elvis.

"Jadi bokap nyokap gue pecinta pop culture zaman dulu. Bokap gue pecinta rock and roll, Elvis Presley khususnya. Jadi dia pengen kasih nama gue Elvis," tutur Once.

"Bayangin kalau pake nama Elvis, lebih ngetop mungkin," sahut Once sambil berseloroh.

Lalu, sang ibu dari Once dahulu sangat menyukai salah satu aktor Hollywood yang terkenal di era 50-an bernama Henry Fonda.

Lalu kedua orang tua Once berusaha menggabungkan nama idola mereka sehingga tercetuslah nama Elfonda Mekel.

"Digabungin lah jadi nama Elfonda. Plus kakek gue namanya Elias," tambah Once.



Simak Video "Hanin Dhiya dan Kolaborasinya Bersama Ahmad Dhani"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/wes)