Bakal Tampil Bareng Pamungkas, Ini 5 Fakta Menarik tentang Dewa 19

Inkana Putri - detikHot
Jumat, 25 Jun 2021 08:47 WIB
Pamungkas x dewa 19
Foto: istimewa
Jakarta -

Siapa yang tak kenal dengan Dewa 19? Salah satu band legendaris yang hingga kini masih populer di kalangan pencinta musik Tanah Air.

Di akhir pekan ini, Dewa 19 akan tampil dalam rangkaian konser bertajuk A Virtual Music Celebration di detikcom. Bersama Pamungkas, Dewa 19 akan tampil berkolaborasi membawakan lagu-lagu ternama.

Sebelum melihat aksi kolaborasi Dewa 19 dan Pamungkas, yuk simak dahulu 5 fakta menarik tentang Dewa 19.

1. Band Satu Juta Kopi

Sama seperti Jamrud, salah satu kolaborator di A Virtual Music Celebration edisi sebelumnya, Dewa 19 juga menyandang status 'Band Satu Juta Kopi'. Mereka berkontribusi dua album dalam daftar bergengsi, yakni Bintang Lima (2000) yang terjual 1,8 juta kopi dan Cintailah Cinta (2002) yang berhasil terjual 1,14 juta kopi.

2. Piyu Sempat Jadi Kru Dewa 19

Salah satu gitaris ternama, Satriyo Yudi Wahyono atau lebih dikenal Piyu, sempat menjadi kru Dewa 19 sebelum ia meledak bersama bandnya. Piyu juga sempat mengirimkan demo bandnya kepada label-label, termasuk Aquarius Musikindo. Sejak disambut oleh Aquarius Musikindo, industri musik Indonesia memiliki salah dua band terbesar, yakni Dewa 19 dan Padi.

3. Mantan Personel Slank, Netral dan BIP Sempat Bikin Band Bareng Ahmad Dhani

Nyatanya, Dewa 19 bukan menjadi proyek hebat satu-satunya yang dibangun oleh seorang Ahmad Dhani. Pada 1998, Dhani menciptakan Ahmad Band yang juga diperkuat Andra Ramadhan (Dewa 19), Pay (Slank, BIP), Bongky (Slank, BIP), dan Bimo (Netral). Ahmad Band memiliki satu album penuh bertajuk Ideologi Sikap Otak yang melibatkan lagu semacam 'Bidadari Kesunyian' hingga 'Aku Cinta Kau dan Dia'.

4. Once Hampir Jadi Vokalis Gigi

Mantan vokalis Dewa 19, Once Mekel, memiliki perjalanan karier bermusik yang menarik. Pada 1989, ia sempat memperkuat band bernama Fargat 727. Tak lama setelah itu, Once sempat mendapat tawaran untuk memperkuat Gigi sebelum akhirnya Gigi resmi memilih Armand Maulana sebagai vokalis.

5. Anak-anak Ahmad Dhani Sempat Bikin Band Bernuansa 60'an

Kiprah bermusik ketiga anak Ahmad Dhani mungkin dikenal lebih dulu lewat trio The Lucky Laki. Namun, saat Al Ghazali sempat merambat ke musik elektronik, El Rumi dan Dul Jaelani justru memilih nuansa pop 60'an.

Keduanya juga membuat band bernama Ahmad Brother atau Ahmad Bersaudara. Bahkan, El dan Dul terlihat mengadaptasi spirit Koes Plus, yang sempat menggunakan nama Koes Brother dan Koes Bersaudara.

Nah, itu lah kelima fakta seputar Dewa 19. Bagi para penggemar Dewa 19 dan Pamungkas, nantikan kolaborasi istimewa mereka pada 26 Juni 2021 pukul 20.00 WIB secara live streaming di detik.com.

(akn/ega)