Sentuhan Pamungkas Dalam Single Terbaru Romantic Echoes

Yudistira Imandiar - detikHot
Kamis, 24 Jun 2021 09:10 WIB
Pamungkas x dewa 19
Foto: istimewa
Jakarta -

Di awal Juni 2021, J. Alfredo atau yang dikenal lewat proyek solonya bernama Romantic Echoes merilis single terbaru bertajuk "I'm Down". Lagu tersebut melibatkan solois Pamungkas, menawarkan warna baru kepada kanvas musik seorang Romantic Echoes.

Jika dibandingkan dengan karya J. Alfredo sebelumnya, lewat Romantic Echoes maupun trio Pijar, nuansa pop R&B maupun synth-pop 'I'm Down' memang terasa lebih tebal. Tentu ini menjadi transformasi musik menarik dari J. Alfredo yang memiliki pengaruh besar garage rock hingga masa kebangkitannya.

Hal ini dapat terjadi tentu salah satunya berkat kehadiran Pamungkas, yang menambah porsi balad sentimental ke dalam 'I'm Down' bahkan sejak riff gitar yang mengayun mulai ia mainkan di detik pertama.

Ketukan drumnya sangat sederhana, membiarkan isian synthesizer mengayun nyaman melatari nyanyian Romantic Echoes dan Pamungkas yang bergantian. Ciri khas kuat vokal keduanya begitu akur dan ditempatkan dalam bagan lagu yang tepat. Saling mengisi, semakin berisi.

Bagian refrain yang dilantunkan Romantic Echoes terasa candu. Sedangkan bagian bridge-nya mempersembahkan lekukan nada vokal Pamungkas yang semakin memperkaya 'I'm Down'. Cukup dalam 3 menit 40 detik untuk Anda bisa dengan mudahnya ikut merasakan hati yang patah bersama Romantic Echoes dan Pamungkas.

Sementara itu, Pamungkas rencananya akan tampil bersama band legendaris Indonesia, Dewa 19, di sebuah rangkaian konser bertajuk A Virtual Music Celebration. Kolaborasi ini dapat disaksikan lewat situs detikcom pada 26 Juni mendatang, pukul 20.00 WIB.



Simak Video "A Virtual Music Celebration : Endah N Rhesa X Vincent Desta"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)