Yura Yunita Curhat Usai Dinilai Kurang Cantik Sebagai Penyanyi

Pingkan Anggraini - detikHot
Kamis, 21 Okt 2021 19:34 WIB
Yura Yunita
Foto: dok. Yura Yunita
Jakarta -

Yura Yunita kembali merilis album musiknya. Kali ini album ketiga Yura Yunita bertajuk Tutur Batin.

Saat menceritakan salah satu lagu dalam album, Yura Yunita mengaku dahulu dirinya sempat tak diterima publik maupun label musik. Bukan karena musiknya, melainkan keadaan tubuh, wajah, hingga yang lainnya.

Sambil menangis, Yura Yunita menjelaskan momen tersebut ia curahkan lewat lagu Tutur Batin yang jadi andalan pada album ketiganya ini. Tutur Batin dianggap sebagai suara hati Yura Yunita.

"Buat aku, Tutur Batin menyuarakan suara hati aku. Aku nggak akan berkompromi dengan nilai-nilai yang hadir ke aku. Aku tetap jadi perempuan yang semakin berdiri tegak dan bisa bikin jalan cerita sendiri," ujar Yura Yunita dalam jumpa pers secara daring, Kamis (21/10/2021).

Yura Yunita mengaku dulu selalu dibilang tidak sempurna. Ia merasa tertekan dengan ucapan orang yang menegaskan dirinya kurang cantik sebagai penyanyi perempuan.

Keadaan fisik Yura Yunita saat itu dinilai tidak cocok untuk terjun di industri hiburan Tanah Air. Namun, secara musik Yura Yunita jarang mendapat penolakan.

"Dulu sebelum lagu ini tercipta ya aku pernah dibilang nggak sempurna, aku dibilang nggak punya look material industri. Meskipun lagu aku diterima, tapi mereka bilang aku not beauty enough. Ya begitu, (disebut) pendek, kulit aku begini, ya aku tanya kenapa?" tutur Yura Yunita menceritakannya.

Dalam Tutur Batin, Yura Yunita menceritakan semuanya. Ia merasa proses bersyukur dengan yang dimilikinya saat ini cukup lama.

Namun pelantun lagu Tenang ini menegaskan selalu punya jalan baru jika ia kerap dihantam dengan ucapan yang tak menyenangkan.

"Ya lagu ini aku mau menyampaikan bahwa kita nggak perlu sempurna dengan apa adanya kita. Kita bisa bikin jalan sendiri. Bahkan ketika kita bilang mau maju terus semakin banyak yang mau tutup jalan kita, but aku punya more way. Ini bukan proses yang mudah, butuh proses yang panjang ya," jelas Yura Yunita.

Saat itu Yura Yunita mengaku sempat takut dengan jerawat yang ada pada wajahnya. Ia bahkan berusaha menutupi jerawat karena takut mendapat ucapan yang tak menyenangkan. Bahkan, Yura Yunita takut mengunggah foto dirinya di media sosial karena tubuhnya yang tidak ideal.

"Aku sempat takut dengan jerawat aku, aku tutupi. Aku pernah takut memposting foto di media sosial dan kelihatan lengan aku besar," lanjut Yura Yunita.

Namun akhirnya Yura Yunita merasa hal itu tak perlu lagi ia teruskan. Ia merasa tak lagi mau mengejar sebuah kesempurnaan karena dianggap tak ada habisnya.

Cara paling tepat dilakukan Yura Yunita adalah menerima semua yang ada pada dirinya.

"Ya itu dia, mengejar kesempurnaan tak akan ada habisnya. Ya aku harus menerima ini semua," tutur Yura Yunita.



Simak Video "Luapan Emosional Yura Yunita di Album Teranyar"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)