Bikin Geger, Pandora Papers Juga Seret Nama Musisi Top Dunia

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 05 Okt 2021 14:03 WIB
NEW YORK, NY - AUGUST 10:  Shakira performs in concert at Madison Square Garden on August 10, 2018 in New York City.  (Photo by Noam Galai/Getty Images)
Shakira. Foto: Noam Galai/Getty Images
Jakarta -

Ada sejumlah bintang musik mancanegara yang namanya disebut dalam dokumen Pandora Papers. Mereka adalah Shakira, Elton John, Ringo Starr, dan Julio Iglesias.

Menurut The Hollywood Reporter, dokumen tersebut membeberkan mengenai kekayaan sejumlah pemimpin dan elit global serta upaya mereka dalam menghindari pajak. Laporan Pandora Papers mulai dipublikasikan pada akhir pekan kemarin.

Selebritis yang namanya disebut dilaporkan memiliki kekayaan di luar negeri guna menghindari pajak. Hal tersebut dilaporkan oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ).

Shakira disebut memiliki sebuah perusahaan di Bahama yang tidak memberikan keuntungan pajak. Hanya saja kuasa hukum dari penyanyi pelantun Waka Waka (This Time for Africa) itu membantah segala tuduhkan yang diarahkan pada kliennya.

Ini bukan kali pertama Shakira berurusan karena perihal harta kekayaan ilegal. Sebelumnya, dia juga pernah terjerat masalah pajak di Spanyol.

Sedangkan, Elton John dianggap membantu mengamankan aset salah satu orang kaya di Rusia bersama Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Ringo Starr yang selama ini dikenal sebagai drummer band legendaris, The Beatles, juga disebut pernah menyimpan kekayaannya di kawasan British Virgin Island dan Panama.

Sementara itu, dilansir The Independent, penyanyi Spanyol Julio Iglesias disebut memiliki 20 perusahaan di British Virgin Island. Ia juga menggunakan kekayaannya untuk membeli pesawat pribadi dan rumah mewah di Miami.

Selain sejumlah selebritis, ada sejumlah nama terkenal lainnya yang disebut dalam Pandora Papers, di antaranya mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, Raja Abdullah dari Jordan, Perdana Menteri Republik Ceko Andrej Babis, dan lain-lain.



Simak Video "Dokumen Pandora Papers 'Seret' Nama Pemimpin Dunia, Termasuk Pejabat RI"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)