The Beatles Sempat Ingin Ganti George Harrison dengan Eric Clapton

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 03 Okt 2021 17:03 WIB
The Beatles di Abbey Road: Siapa orang Skotlandia yang mengambil foto mereka menyeberang jalan?
Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Sebuah fakta baru yang mengejutkan terungkap. Rupanya The Beatles sempat ingin mengeluarkan salah satu personelnya, George Harrison dan menggantinya dengan Eric Clapton.

Hal tersebut dilaporkan Daily Mail dari sebuah wawancara lama John Lennon yang baru saja ditemukan kembali. Dalam rekaman tersebut John Lennon menggertak George Harrison dan mengatakan akan mengganti posisinya dengan Eric Clapton setelah sang gitaris mundur sementara dari band pada Januari 1969, pada saat The Beatles tengah merekam Let It Be.

Saat itu, kabar yang merebak menyebutkan George Harrison tiba-tiba mengundurkan diri. Harrison merasa lagu-lagunya merasa tidak mendapat perhatian sebanyak karya yang diciptakan oleh John Lennon dan Paul McCartney.

Sontak kepergian George Harrison itu membuat Paul McCartney dan Ringo Starr merasa cemas.

Dalam situasi itu, John Lennon mengibaratkan tindakan George Harrison itu layaknya luka yang bernanah dan tidak diobati.

Musisi pelantun Imagine itu kemudian mengultimatum George Harrison dalam wawancara. "Saya pikir bila George tidak kembali dalam minggu depan, kami akan meminta Eric Clapton untuk bermain (gitar) dalam lagu," kata John Lennon kala itu.

Rupanya gertakan itu manjur, terbukti George Harrison yang sedang pulang ke rumah orang tuanya di Liverpool langsung kembali ke studio bersama The Beatles enam hari setelahnya.

Ditemukannya wawancara itu merupakan bagian dari terungkapnya audio dengan sepanjang 120 jam dan 50 jam rekaman yang belum pernah diperdengarkan maupun diperlihatkan.

Rekaman tersebut dibuat oleh sutradara Michael Lindsay-Hogg selama proses latihan dan rekaman Let It Be.

Kabarnya, rekaman itu akan dipublikasikan dalam sebuah dokumenter berjudul The Beatles: Get Back yang menceritakan tentang penggarapan album Let It Be dan pertunjukan terakhir mereka sebagai band di bagian atap Savile Row London.



Simak Video "Plang Jalan Abbey Road Tempat Ikonik The Beatles Terjual Ratusan Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dal)