Sederet Fakta dari Album Monokrom Milik Tulus

Anarani Kifaya - detikHot
Senin, 13 Sep 2021 21:26 WIB
Tulus Akan Gelar Konser Virtual, Ini Momennya Saat Kulineran dan Ngopi
Tulus. Foto: Instagram/tulusm
Jakarta -

Pada Agustus 2016, Tulus melepas album ketiganya yang berjudul Monokrom. Terdiri dari 10 lagu, lewat album Monokrom Tulus ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membentuk pribadi dan mewarnai hidupnya sejauh ini.

Mungkin banyak yang sudah mengetahui bahwa lagu-lagu dalam album ini Tulus ciptakan untuk berbagai suasana. Dari rasa optimis menghadapi hidup dalam Manusia Kuat, pudarnya cinta dalam Pamit, hingga potret kumpulan momen sederhana namun berkesan dalam Monokrom. Tetapi barangkali ada juga hal-hal belum diketahui seputar album yang diproduseri Ari Renaldi ini. Yuk, baca fakta yang terselip dari album Monokrom!

Ekspansi ke Negeri Jiran

Sukses mengeluarkan lagu Sepatu berbahasa Jepang, Tulus melanjutkan misi melebarkan sayap musiknya ke negara lain. Kali ini ia turut mengeluarkan album Monokrom di Malaysia. Tulus menggandeng Shiraz Projects sebagai perwakilan dari labelnya. Bersama Shiraz Projects Tulus juga pernah menggelar konser tunggal TULUS Live in Malaysia pada tahun 2018 silam.

Kolaborasi dengan seniman pertunjukan

Dalam salah satu video klip dari Monokrom, Ruang Sendiri, Tulus mengajak seniman pertunjukan bernama Melati Suryodarmo. Sesuai judul lagu tersebut, Melati benar-benar hanya tampil sendiri sepanjang video. Melalui gerakan seninya Melati menyampaikan Unspoken Language atau bahasa tanpa kata-kata.

Merekam detail aransemen string section di Eropa

Istilah string section sering digunakan untuk kumpulan jenis instrumen musik biola seperti biola, viola, cello, serta double bass (bass ganda). Demi menghasilkan musik berkelas, Tulus pun merekam detail suara instrumen tersebut sampai ke Republik Ceko tepatnya di The City of Prague Philharmonic Orchestra. Detail lagu yang direkam di sana antara lain Ruang Sendiri, Monokrom, Pamit, Manusia Kuat, dan Lekas.

Meluncurkan edisi terbatas

Tulus merilis edisi khusus untuk album fisik Monokrom yang dikemas dengan kotak berwarna hitam elegan. Selain dilengkapi kotak spesial, di edisi khusus album ini juga terdapat buku lirik serta rangkaian foto dokumentasi proses pembuatan album.

Merangkum pembuatan album dalam dokumenter mini

Berdurasi selama tujuh menit, dalam video dokumenter ini Tulus membagikan tahap pembuatan album mulai dari diskusi dengan tim, mengulik nada, merekam suara dan vokal, hingga perjalanan Tulus dan kru ke Republik Ceko untuk rekaman beberapa detail melodi serta syuting video klip lagu Pamit. Dokumenter ini bisa ditonton di kanal resmi YouTube milik Tulus.

Untuk merayakan 10 tahun perjalanannya di dunia musik, penyanyi berprestasi tersebut akan menggelar pertunjukan virtual di detikcom dengan tajuk Terlalu Rindu.

Tiket dari pertunjukan tersebut telah dapat dibeli di detik.com/tulusterlalurindu. Acara tersebut didukung oleh Livin' by Mandiri.



Simak Video "Persembahan Tulus Satu Dekade Berkarier : Terlalu Rindu"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)