5 Fakta tentang Album Perdana Tulus

Anarani Kifaya - detikHot
Kamis, 09 Sep 2021 17:53 WIB
Tulus tamil di Prambanan Jazz
Tulus. Foto: Gus Mun
Jakarta -

Tulus, penyanyi yang terkenal dengan lirik-lirik puitisnya, telah satu dekade bermusik. Sejak debut dengan album TULUS, pria ini sudah berhasil mencuri perhatian publik dengan lagu-lagunya yang bernada menenangkan. Meskipun sudah 10 tahun yang lalu dirilis tepatnya pada September 2011, album ini masih sering terdengar di mana-mana.

Dalam rangka mengenang satu dekade sejak peluncuran album pertamanya, mari dengarkan kembali album yang berisi 10 lagu ini. Sambil mengingat kenangan bersama album TULUS, simak juga fakta-fakta yang terselip dari album tersebut.

Diproduseri oleh Ari Renaldi

Ari Renaldi dikenal sebagai produser musik yang menangani sejumlah musisi papan atas Indonesia, sebut saja Mocca, Afgan, Vidi Aldiano, serta Raisa. Maka dari itu tak heran jika kualitas album TULUS memuaskan. Selain memproduseri album, ia juga bertindak sebagai penata musik di konser hari debutnya Tulus yang bernama Tulus: An Introduction.

Menghadirkan lagu pembuka dan penutup

Tidak semua album dilengkapi dengan pembuka (intro) dan penutup (outro). Namun di album ini Tulus menciptakan Merdu Untukmu di bagian paling awal dan akhir album. Lagu Merdu Untukmu dikemas dengan petikan gitar yang sederhana dan hanya berdurasi satu menit.

Semua lirik ditulis oleh Tulus

Lirik yang terkesan unik menjadi ciri khas lagu-lagu milik Tulus. Dalang dari semua lirik tersebut adalah Tulus. Tidak sendiri, dalam penulisan lagu album ini Tulus juga dibantu oleh beberapa musisi lainnya yaitu Anto Arief, Razis Henry, dan Ivan Jonathan.

Ada lagu versi Rhodes

Rhodes merupakan salah satu jenis instrumen piano. Kali ini Tulus memberikan lagu Sewindu versi Rhodes. Sewindu adalah lagu patah hati yang mengisahkan cinta bertepuk sebelah tangan. Diiringi cuma dengan alunan piano membuat Sewindu terdengar lebih sendu.

Ikut andil dalam pembuatan video musik

Tulus pun terlibat dalam pembuatan video klip dua lagu dari album ini yakni Sewindu dan Teman Hidup. Pada video musik Sewindu ia turut andil dalam proses produksi dan pembuatan konsep. Sementara untuk Teman Hidup, Tulus bahkan berperan sebagai sutradara dengan dukungan tim kecil dari teman-teman dekatnya.

Bagi yang sudah rindu akan lagu-lagu di album perdana Tulus, ia akan membawakannya dalam sesi pertama di pertunjukan virtual Terlalu Rindu yang tayang pada 14 September 2021. Beli tiketnya di sini.



Simak Video "Persembahan Tulus Satu Dekade Berkarier : Terlalu Rindu"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)