Upaya Resso Buat Lagu Cover Jadi Legal

Tim Detikcom - detikHot
Selasa, 11 Mei 2021 20:04 WIB
Mitty Zasia
Mitty Zasia. Foto: dok. Resso
Jakarta -

Banyak musisi pendatang baru yang namanya melejit lewat lagu cover. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa meng-cover lagu juga sebaiknya dilakukan dengan tata cara yang legal.

Untuk mendukung para musisi pendatang baru mengembangkan kariernya, layanan streaming musik Resso pun memiliki program bernama Artis Cover.

"Program Artis Cover kami menggabungkan penyanyi berbakat dengan lagu-lagu yang sedang tren, dan kami, Resso, memastikan bahwa lagu-lagu tersebut dapat dinyanyikan secara legal oleh artis kami. Hal ini merupakan bagian dari program edukasi kami juga," ujar Head of Music & Content, Resso Indonesia, Christo Putra dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Dalam program tersebut, Resso telah menggandeng sejumlah artis pendatang baru yang mereka temukan. Program Artis Cover tersebut merupakan kolaborasi antara Resso dengan TikTok.

Resso menemukan sejumlah artis pendatang baru yang mengunggah videonya menyanyikan lagu dari musisi lain di media sosial TikTok. Pihak Resso kemudian menghubungi para pengguna TikTok yang dianggap memiliki potensi untuk bekerjasama dalam memilih lagu dan melakukan rekaman, serta merilis dan mempromosikan artis tersebut secara eksklusif di platform-nya.

"Kami ingin membuka pintu bagi musisi independen untuk memulai dan mengukir karir musik dengan merilis lagu cover versi mereka," ungkap Christo Putra lagi.

Sejak program diluncurkan, Resso telah merilis sejumlah artis baru seperti Tami Aulia (Bukan Salah Jodoh), Willy Anggawinata (Biarlah Semua Berlalu), Jebung & Asyraf Jamall (Kopi Dangdut), Bulan Sutena (Terpesona), Alsa Aqilah (Sumpah Ku Mencintaimu) dan Chris Andrian (Percayakan Rindu).

Terbaru, Resso menemukan seorang penyanyi pendatang baru bernama Mitty Zasia. Dirinya telah membawakan ulang lagu musisi lain sejak 2018.

Video cover dari Mitty Zasia yang membawakan lagu penyanyi legendaris Chrisye, Seperti Yang Kau Minta, sudah ditonton lebih dari delapan juta kali.

Kini, bekerja sama dengan Resso, Mitty Zasia merilis Jaga Mata Jaga Hati yang sebelumnya dibawakan oleh DJ Qhelfin.

"Saya merasa terhormat dan senang banget menjadi bagian dari Program Artis Cover Resso. Saya sangat menikmati semua proses belajar dan menafsirkan lagu, menjadikannya versi saya lalu merekamnya, pokoknya menyenangkan sekali. Saya harap semua penggemar di Resso akan menyukai lagu ini," kata Mitty Zasia.



Simak Video "Kepoin Dear Butter, Kue Viral Manis Krenyes"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dal)