Pepeng Hengkang dari Naif, Singgung Masalah yang Belum Selesai

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 07 Mei 2021 20:48 WIB
Naif di Synchronize Fest 2018
Pepeng buka suara soal keputusannya keluar dari Naif. Dia pun menyebut para personel masih harus menyelesaikan beberapa hal. (Foto: Hanif/detikcom)
Jakarta -

Drummer Naif, Franki Indrasmoro alias Pepeng membenarkan dirinya dan bassist Amil Hussein atau Emil pamit dari band sejak tahun lalu. Pepeng menjelaskan, mula-mula Emil menyatakan mundur, kemudian berselang beberapa minggu setelahnya, giliran dirinya yang pamit dari Naif.

Menurut Pepeng, masa pandemi virus COVID-19 yang berlangsung di Tanah Air memberi kesempatan pada masing-masing anggota band untuk mengevaluasi diri. Di situ baru ditemukan bahwa mereka memiliki berbagai persoalan di tubuh band.

"Yang pasti, pandemi ini berpengaruh terhadap persoalan ini. Bukan karena nggak ada job panggung ya. Tawaran manggung virtual dulu-dulu banyak aja, tapi Naif yang memang nggak mau manggung virtual," jelas Pepeng pada detikcom, Jumat (7/5/2021).

"Sisanya karena banyak 'nganggur' jadi muncul lah beberapa issue internal sampai akhirnya begini," sambung dia.

Mengenai apa isu internal tersebut dan apakah keluarnya Emil yang mempengaruhi keputusannya untuk ikut meninggalkan band, Pepeng masih belum mau terbuka secara rinci. Ia mengaku masih berhati-hati untuk memberikan pernyataan, sebab baginya, permasalahan dalam Naif belum lah selesai.

"Pertanyaan ini yang belum bisa ku jawab, khawatir salah kalimat," akunya.

Bagi Pepeng, untuk mencapai keputusan akhir, seluruh personel Naif harus bertemu dan duduk dalam satu meja untuk membicarakan masa depan band. Hal itu yang belum dilakukan hingga kini.

"Banyak yang harus diperbincangkan sebelum menentukan Naif mau jalan lagi atau nggak. Keempat personelnya harus ketemuan dan duduk bareng dulu semuanya," jelasnya.

Pepeng pun mengaku tidak keberatan apabila dua rekannya yang tersisa, David dan Jarwo memutuskan untuk melanjutkan perjalanan karier mereka dalam Naif. Hanya saja, menurut Pepeng, hal itu tetap harus dilandasi persetujuan dirinya dan Emil karena mereka juga ikut mendirikan band tersebut.

"Kalau pun David dan Jarwo mau melanjutkan Naif tanpa aku dan Emil, mereka harus izin sama kami dulu. Karena aku dan Emil juga founder band ini," tutur Pepeng.

Sebelumnya, Pepeng pernah berbicara pada detikcom mengenai kemungkinan bubarnya band yang membesarkan namanya itu.

"Sempat banyak yang nanya Naif kemana sih, terus ada selentingan Naif bubar, ada selentingan Naif vakum, (saya) belum bisa jawab. Secara resmi belum bisa jawab," ungkap Pepeng saat itu.

Pada saat itu, Pepeng juga mengaku siap bila harus bermusik tanpa band yang telah dinaunginya selama puluhan tahun itu. "Tapi saya pribadi sudah siap dengan kemungkinan Naif bubar. Kita harus siap dengan worst scenario lah, kalau Naif harus bubar ya bubar, vakum ya vakum. Saya sudah siap dengan skenario Naif bubar," ujarnya.

(srs/aay)