Isu Naif Bubar Kembali Ramai, Pepeng dan Emil Resmi Cabut

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 07 Mei 2021 19:24 WIB
Naif di Synchronize Fest 2018
Isu band Naif bubar kembali mencuat. (Foto: Hanif Hawari)
Jakarta -

Band Naif diisukan bubar. Sebenarnya isu ini sudah beredar sejak pertengahan April 2021 lalu. Lantaran belakangan ini personel Naif yaitu Pepeng atau Franki Indrasmoro tengah sibuk dengan proyek lainnya.

Kini kabar bubarnya Naif kembali mencuat dengan keterangan baru dari Pepeng sang drummer dan Emil sang basis. Mereka berdua telah mengundurkan diri dari band pelantun Posesif itu.

Emil menjelaskan dirinya telah keluar dari September 2020 dan sudah pamit pada personel Naif yang lain. Alasan kenapa dia tidak mengumumkan pengunduran dirinya karena menurut Emil hal tersebut bukan sesuatu yang mendesak.

Sementara Pepeng ketika diwawancara detikcom beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa kabar Naif sejauh ini baik-baik saja. Pepeng yang kini menjadi motor buat grup Frank N' Friends kala itu menyebut apapun yang terjadi pada Naif, dia sudah harus siap.

"Sempat banyak yang nanya Naif kemana sih, terus ada selentingan Naif bubar, ada selentingan Naif vakum, (saya) belum bisa jawab. Secara resmi belum bisa jawab," tutur Pepeng.

Tidak adanya kabar Naif dan perilisan terbaru dari band itu membuat banyak yang curiga soal keputusan Naif bubar. Di kesempatan yang sama, Pepeng mengatakan agar penggemar harus siap pada kemungkinan terburuk. Sebab, dia membeberkan ada beberapa personel yang sudah setuju bila suatu hari Naif benar-benar bubar.

Hanya saja, pada saat itu, Pepeng masih enggan membagi siapa saja personel yang memutuskan mundur dari band tersebut.

Pepeng sendiri kini serius dengan Frank N' Friends sebagai pijakan barunya apabila Naif memang bubar. Meski pada saat itu dia tidak memberikan jawaban yang pasti.

"Tapi saya pribadi sudah siap dengan kemungkinan Naif bubar. Kita harus siap dengan worst scenario lah, kalau Naif harus bubar ya bubar, vakum ya vakum. Saya sudah siap dengan skenario Naif bubar, makanya saya harus lebih serius dengan FNF ini," ujar dia.

Dalam sebuah wawancara, Emil menjelaskan bahwa Pepeng meninggalkan Naif beberapa minggu setelah dirinya hengkang. Sementara Pepeng belum lagi bicara soal hengkangnya dia dari Naif. Tak ada pula tulisan di media sosial yang mengisyaratkan hal tersebut.

Frank N' Friends disebut Pepeng sebagai back up dirinya dalam berkarya di industri musik. Sesuatu yang akan membuatnya tetap punya pegangan tanpa band Naif yang membesarkan namanya.

"Kalau kemarin senang-senang yang penting berkarya, tapi kayaknya gue nggak bisa begini. Kalau Naif beneran bubar, gue nggak ada back up gue, entar ngebulin dapur gimana caranya? Harus mulai dari sekarang. Makanya harus membentuk manajemen yang proper dengan sistem yang benar dan memperlakukan single dengan yang benar," ungkap dia.

Naif adalah grup musik beranggotakan Bayu Danang Jaya atau David (vokal), M. Amil Hussein atau Emil (bass, kibor), Fajar Endra Taruna atau Jarwo (gitar) dan Franki Indrasmoro Sumbodo atau Pepeng (drum, perkusi). Grup musik itu terbentuk sejak 1995.

(aay/srs)