Tentang Nadin Amizah yang Jadi Artist of the Month dalam Kampanye EQUAL

Tim Detikcom - detikHot
Kamis, 06 Mei 2021 20:04 WIB
Nadin Amizah
Foto: Instagram Nadin Amizah
Jakarta -

Spotify sejak Maret lalu meluncurkan kampanye dan program musik EQUAL dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional. Nadin Amizah terpilih menjadi Artist of the Month dari Indonesia dalam program tersebut.

Menurut siaran pers yang diterima detikcom, program EQUAL itu lahir untuk mendorong kesetaraan bagi perempuan di industri musik.

Menurut studi USC Annenberg yang didanai oleh Spotify terkait representasi perempuan dalam industri musik, hanya satu perempuan dari lima musisi yang berada di tangga lagu. Padahal, musisi perempuan memainkan peranan penting bagi industri musik.

"Sebagai artis perempuan muda, saya menyadari bahwa membangun karier bukanlah sesuatu yang mudah. Saya senang bisa bertemu begitu banyak orang yang mengakui saya dari segi musikalitas serta kerja keras saya dalam mewujudkan semua karya saya," ujar Nadin Amizah.

"Memberikan kesempatan yang setara bagi perempuan dalam bermusik merupakan isu yang sangat penting karena terkadang kita hanya dinilai dari penampilan fisik kita, ketimbang dari kemampuan kita menciptakan musik yang dikenang dan bertahan lama," sambung pelantun Bertaut itu.

Untuk mencapai tujuan dari kampanye itu, Spotify pun membuat playlist EQUAL lokal yang ada di 35 negara dan menjangkau lebih dari 50 negara. Selain itu, ada pula playlist EQUAL global yang berisi lagu-lagu pilihan dari musisi yang mengikuti program tersebut di seluruh dunia.

Ada pula EQUAL Artist of the Month yang memilih satu artis di setiap negara untuk menjadi sampul dari playlist lokal di negaranya masing-masing. Artis EQUAL pilihan setiap bulan akan mendapatkan promosi di platform streaming musik asal Swedia tersebut dengan harapan dapat mendorong pertumbuhan pendengar dari dalam dan luar negeri.

Dengan adanya kampanye tersebut, Nadin Amizah pun berharap para pendengar musik dari dalam dan luar negeri dapat lebih mengapresiasi keberadaan perempuan di industri musik sekaligus memahami keberagaman mereka.

"Bersama dengan EQUAL, saya berharap dapat meningkatkan kesadaran akan keberagaman talenta perempuan sehingga perempuan dapat lebih didengar dan diakui. Saya sangat senang atas kehadiran program EQUAL dan bangga sekali menjadi bagian dari program ini," ungkap Nadin.



Simak Video "Nadin Amizah Minta Maaf soal Kontroversi Kaya dan Miskin"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)