Tak Bisa Main Alat Musik, Cerita Melly Goeslaw Jadi Penulis Lagu

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 10 Mar 2021 12:52 WIB
Melly Goeslaw
Melly Goeslaw. Foto: Ismail
Jakarta -

Melly Goeslaw selama ini dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu kenamaan Tanah Air. Rupanya, tidak ada alat musik yang dapat dimainkan oleh pelantun Ada Apa dengan Cinta? itu.

Menurut Melly Goeslaw, lagu yang dia tulis tercipta dari ide dan bebunyian yang ada di kepalanya begitu saja. Ketika dia mendapatkan inspirasi, langsung merekamnya dalam bentuk nyanyian.

Barulah setelah direkam, lagu itu diterjemahkan ke dalam chord bersama dengan suaminya, Anto Hoed.

Keberaniannya untuk menciptakan lagu itu rupanya muncul ketika dirinya membaca salah satu artikel wawancara Titiek Puspa. Hal itu diungkapkannya dalam sesi d'Hitsmaker yang ada di d'HOT Music Day, Rabu (9/3/2021).

"Jadi dari dulu, berangkatnya itu kan dari (sifat) introvert, jadi tertutup banget, bawaannya tertutup pisan. Lama-lama kalau curhat jadinya nulis puisi, cerpen, suatu hari baca artikel eyang Titiek Puspa, dia nggak bisa main alat musik, tapi dibantu oleh suaminya," kata dia.

Setelah membaca artikel tersebut, Melly Goeslaw jadi mulai percaya diri untuk membuat lagu meskipun dirinya tidak dapat memainkan alat musik. Mula-mula, sebelum bertemu Anto Hoed, dia meminta bantuan kakak kelasnya di sekolah yang bisa bermain musik.

"Jadi kepikiran bikin lagu. Dulu ada sih kakak kelas bisa main musik, jadi dicari chordnya. Lama-lama ya dapet juga ya formulanya seperti itu, jadi sama mas Anto juga begitu. Tapi kalau sama mas Anto lama-lama ketebak juga sih chord-nya karena sudah 26 tahun bikin lagu bersama," cerita Melly.

Sebenarnya, Melly Goeslaw pernah memiliki keinginan untuk mempelajari cara memainkan piano setelah menikah dengan Anto Hoed. Namun, musisi Indra Lesmana justru menyarankan sebaliknya.

"Pernah juga minta belajar piano, tapi kata mas Indra (Lesmana pada Anto Hoed), jangan dikasih, karena dia (Melly Goeslaw) ada sesuatu yang lain karena (proses pembuatan lagu yang dilakukan Melly) nggak kepatok sama kelaziman chord itu, jadi ada yang beda," tutur Melly.



Simak Video "Lihat Lagi Aksi Melly Goeslaw hingga Isyana di d'Hot Music Day 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/tia)