Yovie Widianto Ternyata Dapat Ide Bikin Lagu Kalau Lagi Macet

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 09 Mar 2021 17:01 WIB
Yovie Widianto saat ditemui di Grand Indonesia
Yovie Widianto Ternyata Dapat Ide Bikin Lagu Kalau Lagi Macet. (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta -

Cara pencipta lagu menemukan ide pastinya berbeda-beda. Kadang, mereka justru menemukan inspirasi di waktu-waktu yang unik. Misalnya Yovie Widianto yang biasanya justru mendapatkan ide untuk menulis lagu ketika tengah terjebak kemacetan saat berada di perjalanan menuju suatu tempat.

"Malah di kemacetan. Ada supir kan, jadi saya di belakang, diam, bersenandung saja di handphone," kata Yovie Widianto dalam sesi d'Hitsmaker di acara d'Hot Music Day yang disiarkan di detikcom, Selasa (9/3/2021).

Menurut Yovie Widianto, seorang pencipta lagu memang harus menemukan suasana hati yang sesuai terlebih dahulu apabila hendak menciptakan lagu. Kapan waktu yang paling tepat pun menurutnya, terkadang tidak bisa diprediksi.

"Memang kami harus bisa menciptakan mood, kami harus cari mood dulu, tapi kamu harus mencoba mencari mood itu biar bisa menciptakan sesuatu," tuturnya.

Lain Yovie Widianto, lain pula Pongki Barata. Bagi Pongki Barata, dirinya justru harus berada di tempat sepi bila ingin menciptakan lagu.

"Harus sepi dulu, karena aku butuh konsentrasi. Sepinya itu penting, wakutnya sih bisa kapan saja," jelas Pongki.

Meski tidak memiliki waktu khusus untuk menciptakan lagu, Pongki Barata mengatakan dirinya lebih sering menjadi produktif di sore hari.

"Seiring bertumbuhnya usia, makin produktif itu sore sebenarnya. Kalau dulu malam, karena malam itu waktu istirahatlah," kata dia lagi.

Kontras dengan Pongki Barata, Melly Goeslaw justru baru bisa menciptakan lagu di kala berada di tengah keramaian. Selain itu, ide juga kerap datang padanya ketika sedang berada di kamar mandi.

"Kalau aku justru paling nggak bisa kalau lagi liburan, jadi kalau di tempat yang nyaman, lagi liburan di Bali, ada pantai, malah kadang nggak keluar. Gue harus di tempat ramai, kalau di tempat sepi paling di kamar mandi," urai Melly.

Dalam sesi itu, Yovie Widianto juga mengatakan lama atau sebentarnya suatu lagu tercipta tidak berpengaruh pada kepopuleran karya tersebut. Ia mengatakan ada lagu yang diciptakannya secara cepat, tapi justru meledak di pasaran.

"Lama dan sebentar itu tidak menentukan hits atau tidak," jelas Yovie.

d'Hitsmakers adalah salah satu sesi yang ada di acara d'Hot Music Day. Acara tersebut merupakan perayaan Hari Musik Nasional yang diadakan oleh detikcom.

Selain d'Hitsmakers, masih ada sejumlah sesi lainnya, yakni Hits on that Day yang diisi oleh Ian Kasela dari Radja, Candil eks Serius, Naga dari ADA Band dan eks Lyla, Tantri dari Kotak, dan Arda dari Naff.

Ada pula penampilan Isyana Sarasvati dan Rizky Febian dalam Panggung Viral dan Cita Citata serta Denny Caknan dalam d'Dangdutin.

(srs/mau)