Wawancara Eksklusif

Sama-sama Vokalis Arah, Roy Sungkono Ngaku Bukan Arga

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 07 Mar 2021 19:38 WIB
Roy Sungkono
Roy Sungkono ngaku bukan Arga. Foto: dok. Visinema Pictures/ Arah/ Roy Sungkono
Jakarta -

Arah merupakan band beranggotakan Roy Sungkono (vokal), Gilbert Pohan (bas), Tanta Ginting (gitar) dan Azizah Hanum (drum). Band tersebut terbentuk karena keempatnya berakting dalam serial berjudul Awal & Akhir yang disutradarai oleh Sabrina Rochelle Kalangie.

"(Awal & Akhir) menceritakan tentang empat personel band yang punya cita-cita, harapan, ambisi untuk manggung di panggung gede. Ambisi itu datang dari karakter Arga karena dia adalah leader lah. Dia yang ngebentuk band Arah ini. Tapi masing-masing personel mereka punya konflik, masalah sendiri-sendiri," ujar Roy Sungkono dalam wawancara dengan detikcom, baru-baru ini.

Dalam serial tersebut, para personel Arah memerankan tokohnya masing-masing. Roy Sungkono berperan sebagai Arga, Tanta Ginting sebagai Samo, Azizah Hanum sebagai Carissa, dan Gilbert Pohan sebagai Freddy.

Berangkat dari serial tersebut, para personel Arah kemudian sepakat untuk melanjutkan band tersebut menjadi nyata. Mereka pun telah merilis mini album ARAH (2019) yang berisikan lima lagu serta single berjudul Be the One.

Meski kini telah menjadi vokalis Arah yang sesungguhnya layaknya tokoh yang diperankan, menurut Roy Sungkono, dirinya sangatlah berbeda dari Arga.

Menurutnya, Arga adalah sosok yang keras kepala dan ambisius, sedangkan dirinya lebih santai.

"Gue nganggep karakter si Arga ini egois banget, ya. Dia kalau mau manggung, yang lain nggak bisa, ya yang lain harus ikut dia. Kalau aslinya gue kan nggak begitu, gue lebih ke 'Oke jadi maunya gimana', itu mungkin yang menjadi pembeda antara gue dan si Arga," cerita Roy.

Namun, untuk tampil lebih percaya diri, Roy Sungkono terkadang justru 'berpura-pura' menjadi Arga setiap kali tampil di atas panggung.

"Kalau untuk di atas panggung, gue malah 'minjem' (karakter) si Arga justru. Gue suka inget2 apa yang dipikirin Arga, apa yang disukai Arga. Gue suka ingat-ingat Arga kalau lagu di Arah yang enak untuk jingkrak-jingkrakan," katanya.

Saking berbedanya dia dengan Arga, untuk menjadi vokalis Arah, Roy Sungkono mengaku justru kesulitan terbesarnya terletak pada mendalami karakter Arga.

Dirinya justru tidak terlalu khawatir untuk benar-benar terjun ke industri musik karena dia memang pernah mempelajari musik sebelumnya.

"Kalau untuk series ada lah pra produksinya mereka ngajarin untuk nyanyi. Sebenarnya kalau basic musik ada, gue ada, pernah belajar nyanyi. Beruntungnya gue dikelilingi sama beberapa musisi lah. Gue punya beberapa teman yang memang bergerak di bidang musik. Tanta, Hanum, Ibo itu semua vokalis," tutur Roy.

Roy Sungkono melanjutkan, "Cuman gue tuh lebih khawatirnya dulu tuh gimana cara mindset-nya biar gue ngerasa deserve untuk jadi lead vocal. Karena di Awal & Akhir itu gue yang bentuk mereka. Sama lagu, range vokalnya pas nggak ya sama gue."



Simak Video "Bantah Lakukan Pelecehan Seksual, Rian DMasiv Lapor Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)