Nyanyikan Ulang Sabda Alam, Once Mekel Beri Pesan Menohok

Tim Detikcom - detikHot
Jumat, 29 Jan 2021 20:42 WIB
Once Mekel
Foto: dok. Once Mekel
Jakarta -

Selama ini Sabda Alam dikenal sebagai lagu yang dipopulerkan oleh mendiang Chrisye. Kini, Once Mekel menyanyikan kembali lagu tersebut.

Akan tetapi, pencipta lagu tersebut, Junaedi Salat, baru saja menghembuskan napas terakhir sesaat sebelum versi baru dari lagu itu dirilis, tepatnya pada 18 Januari 2021.

Sebelum meninggal dunia, Junaedi Salat sempat memberikan pandangannya mengenai lagu tersebut. Dia bercerita menulis Sabda Alam ketika dia tengah menikmati alam di pagi hari.

"Di lagu Sabda Alam, saya kerja sama dengan Chrisye Rahardi. Saya yang buat syairnya, sedangkan Chrisye yang buat lagunya dan diaransemen oleh Yockie Suryoprayogo. Saya terinspirasi saat bangun pagi sambil dengar burung-burung bernyanyi, rasanya indah sekali," ujar Junaedi Salat sebelum meninggal dunia, melalui siaran pers yang diterima detikcom, Jumat (29/1/2021).

"Dari situ saya mulai ambil pulpen dan menulis baris demi baris apa yang diinspirasikan Tuhan kepada saya," sambung dia.

Sedangkan menurut Once Mekel yang menyanyikannya kembali, Sabda Alam adalah lagu pengingat bahwa dibandingkan dengan alam raya, manusia hanyalah makhluk yang kecil.

Oleh karena itu, manusia sebaiknya tidak bertinggi hati dengan apa yang dimiliki. Dengan menyanyikan ulang lagu ini, Once juga ingin mengingatkan kita yang seharusnya menjaga keseimbangan alam.

"Dari lagu Sabda Alam ini, kita kembali diingatkan oleh alam raya kalau kita adalah makhluk yang kecil," ungkap Once Mekel.

Dia menyambung, "Bukan berarti kita dianggap kecil di mata Tuhan, tetapi kita tetap harus menghargai dan menjaga selalu alam semesta dari Yang Maha Pencipta ini," sambung dia.

Sabda Alam merupakan salah satu lagu yang terdapat dalam album berjudul sama. Album itu merupakan album kedua Chrisye yang rilis pada 1978.

Dalam album tersebut, selain Sabda Alam, terdapat pula sejumlah lagu lainnya yang turut melambungkan nama Chrisye sebagai penyanyi populer Indonesia, di antaranya Juwita, Kala Cinta Menggoda, hingga Anak Jalanan.



Simak Video "Ibu Once Mekel Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Kerangka Suaminya"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)