Ahmad Dhani Buka Kisah di Balik Ahmad Band

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 25 Jan 2021 15:27 WIB
Musisi sekaligus Politikus Partai Gerindra Ahmad Dhani
Ahmad Dhani. Foto: Ismail
Jakarta -

Selama ini Ahmad Dhani kerap dikenal sebagai pentolan sekaligus kibordis dari grup musik Dewa 19. Namun, musisi kelahiran 26 Mei 1972 itu juga memiliki proyek musik lain bernama Ahmad Band.

Ahmad Band terbentuk pada 1998 dan menghasilkan album Ideologi Sikap Otak yang berisikan 11 lagu.

Dalam konser virtual Ahmad Band yang berlangsung semalam, Minggu (24/1/2021), Ahmad Dhani bercerita kisah di balik terbentuknya band tersebut pada 1998 silam.

Menurutnya, pada mulanya, Ahmad Dhani ingin membuat sebuah proyek solo untuk merilis lagu-lagu yang berbeda dari yang umumnya dikeluarkan oleh Dewa 19. Akan tetapi, dirinya enggan dikenal sebagai penyanyi solo, maka itu, dia akhirnya membentuk Ahmad Band.

"Sebenernya bikin proyek solo album, tapi aku nggak mau pake namaku. Tapi itu proyek solo sebenernya," jelas dia dilihat detikcom, Senin (25/1).

Dia merasa perlu membentuk proyek musik lain karena pada saat itu, Indonesia sedang mengalami masa-masa pergolakan jelang reformasi 1998. Pada 1997, Ahmad Dhani pun terpikir untuk membuat musik yang tema dan bunyinya lebih keras dari yang biasa dikeluarkan Dewa 19.

"Sebenernya itu Ahmad Band itu, mau agak lebih nge-rock daripada Dewa 19. Waktu itu tahun 1997 bandnya kurang rock, ingin lebih nge-rock lagi, lebih keras," kata Ahmad Dhani.

Pada saat berdiri pada 1998, Ahmad Band digawangi oleh Ahmad Dhani sebagai vokalis utama, Andra Ramadhan (Dewa 19) sebagai gitaris, Pay (Slank, BIP) sebagai gitaris, Bongky (Slank, BIP) sebagai bassist dan Bimo (Netral, Romeo) sebagai drummer.

Dalam penampilan Ahmad Band di konser virtualnya, Ahmad Dhani memperkenalkan sejumlah musisi kenamaan sebagai formasi Ahmad Band 2021.

Mereka adalah Andra Ramadhan dari Andra & The Backbone dan Dewa 19 sebagai gitaris, Stephan Santoso dari Musikimia sebagai gitaris, Thomas Ramdhan dari GIGI sebagai bassist, dan Yoyo Prasetyo sebagai drummer.



Simak Video "Maia Estianty Ungkap Masa Sulit Usai Bercerai dari Dhani"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/aay)