Profil Dul Jaelani, Karier hingga Asmara

Nanda Alifah - detikHot
Senin, 11 Jan 2021 20:25 WIB
Dul Jaelani saat ditemui di kawasan Trans TV.
Profil Dul Jaelani Foto: Noel/detikFoto
Jakarta -

Abdul Qodir Jaelani atau yang lebih dikenal dengan nama panggilan Dul atau Dul Jaelani merupakan seorang musisi asal Indonesia. Namanya dikenal publik sebagai putra bungsu musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty.

Seperti kedua orang tuanya, Dul pun terjun ke dunia musik. Laki-laki kelahiran Jakarta ini mulai dikenal setelah membentuk grup band The Lucky Laki bersama kedua kakaknya, Ahmad Al Ghazali (Al) dan Ahmad El Jallaludin Rumi (El).

The Lucky Laki adalah band ber-genre rock dengan Al sebagai vokal-gitar, El sebagai backing vokal-drum, dan Dul sebagai backing vokal-bass. Mereka bertiga memulai debutnya dengan single Aku Bukan Superman. Di tahun 2009, The Lucky Laki merilis album perdananya bertajuk New Beginning 09.

Pada 2010, grup band yang diasuh oleh Ahmad Dhani ini pun menambah personil Dashel Zidane dan Raffi Alfaraby Ramadhan. Penambahan personil, formasi The Lucky Laki pun berubah dengan Dashel Zidane sebagai vokalis.

Dul yang mulai menyukai musik grunge pun membentuk band Backdoor pada 2013. Awalnya dia berposisi sebagai bassist. Namun, setelah dua anggota dari band tersebut keluar, Dul pun mengambil alih posisi gitar dan vokal.

Mengalami Kecelakaan

Pada 8 September 2013 dinihari, Dul yang tengah menyetir mobil bersama pacarnya, Arin, mengalami kecelakaan. Mobil yang dikendalikannya menabrak pembatas jalan dan menghantam minibus. Akibatnya, 6 orang tewas dan 9 orang luka-luka. Dul sendiri mengalami patah tulang di bagian kaki.

Kecelakaan itu tentu saja sampai masuk ke meja sidang. Jaksa Penuntut Umum telah menuntun Dul dengan hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun dan denda Rp 5 juta subsider tiga bulan kerja sosial.

Namun, Pengadilan Negeri Jakarta Timur memutuskan Dul dikembalikan ke orang tuanya, dengan kata lain Dul dibebaskan.

Membentuk Band dan Menjadi Penulis

Saat usianya 15 tahun, Dul dan El pernah membentuk duo bernama Ahmad Bersaudara dengan aliran music retro. Selang beberapa bulan, mereka telah merilis single bertajuk Jika Kau Percaya. Selain menjadi musisi, Dul juga menjadi penulis yang handal.

Menggantikan Posisi Ahmad Dhani

Dan kini, setelah ayahnya, Ahmad Dhani, terlibat kasus ujaran kebencian dan mendekam di penjara, Dul menggantikan posisi ayahnya sebagai personel Dewa 19.

Kisah Asmara

Tentang percintaan, Dul Jaelani saat ini tengah menjalin hubungan asmara dengan Tissa Biani. Meski Dul dan Tissa memiliki latar belakang yang berbeda sebagai seorang musisi dan aktris, namun keduanya dirasa sangat terasa serasi lantaran begitu terlihat kompak dan mengesankan.

Kabar mengenai Tissa dengan Dul pun begitu dinantikan publik. Kehadiran Tissa pun sudah sangat diterima oleh keluarga Dul dari pihak Maia Estianty dan Irwan Mussry. Tissa bahkan beberapa waktu lalu sempat turut bergabung dalam momen liburan bersama keluarga besar Dul ke Pulau Dewata, Bali.

Sebelumnya, Dul juga pernah menjalin asmara dengan beberapa wanita cantik lainnya, yaitu Fajrina Khairiza dan Stefhanie Zamora.



Simak Video "'Bahagia Sama Kamu', Single Perdana Tissa Biani yang Lagi Kasmaran"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)