Wawancara Eksklusif

Rizky Febian Temukan Hikmah dari Album yang Tertunda

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 27 Des 2020 17:03 WIB
Rizky Febian
Rizky Febian sebut ada hikmah di balik pembuatan album yang tertunda. Foto: Rizky Febian
Jakarta -

Tahun ini bukan tahun yang mudah bagi Rizky Febian. Selain harus kehilangan ibundanya, Lina Jubaedah, yang meninggal dunia pada 9 Januari 2020, Rizky Febian juga terpaksa menunda perilisan albumnya yang sudah ia jadwalkan jauh-jauh hari karena adanya pandemi virus Corona.

Akan tetapi, pria yang akrab disapa Iky itu justru bersyukur. Dengan tertundanya album, dia dapat lebih dulu mengeluarkan tiga lagu berjudul Cuek, Mantra Cinta dan Makna Cinta dalam trilogi Garis Cinta.

Lagu-lagu dalam trilogi Garis Cinta memang terbilang diterima dengan begitu hangat oleh para pendengar Rizky Febian.

"Ketika pandemi awal-awal gue sampai punya perasaan takut, udah deh gue nggak mau rilis, gue kayaknya album fix nggak jadi. Karena gue banyak ketakutan. Tapi gue pikir lagi, gimana caranya kita sebagai musisi harus menghibur, hal apa nih yang sekiranya bisa bikin aware orang-orang di luar sana," kata Rizky Febian dalam wawancara virtual dengan detikcom, baru-baru ini.

Di sela-sela waktunya selama masa pandemi, Rizky Febian pun menciptakan tiga lagu yang terdapat dalam trilogi Garis Cinta tanpa direncanakan sebelumnya.

Baginya, keberhasilan lagu-lagu dalam trilogi Garis Cinta memang sudah jalan terbaik yang digariskan Tuhan sebagai hikmah dari tertundanya album.

"Gue bersyukurnya ketika album mau jadi tahun ini, memang Allah tuh adil, memang sudah garisnya. Kalau misalkan gue buru-buru bikin album ini, nggak akan ada trilogi Garis Cinta, karena semua dalam trilogi Garis Cinta gue bikin lagunya dadakan," ungkap dia.

Saat ini, Rizky Febian pun telah kembali fokus untuk merampungkan albumnya. Dengan menunggu terlebih dahulu, nyatanya ada banyak inspirasi baru yang justru mengilhaminya dalam penggarapan materi album.

"Alhamdulillah, gue masih ngumpulin semua materi. Tapi bersyukurnya setelah trilogi naik, ketika gue fokus lagi ke album, gue justru bisa dapat inspirasi banyak. Jujur gue tiba-tiba dapat materi baru lagi. Kayak ngumpulin, gue pilih-pilih," ujarnya.

Ketika ditanya akan seperti apa albumnya nanti, Rizky Febian mengatakan albumnya masih akan mengusung soal cinta sebagai tema utama.

"Gue bakal tetap kuat di cinta lah, love songs gitu. Karena gue merasa, cinta itu beragam. Karena cinta gue dan cinta lo pasti berbeda, jadi menurut aku pasti beragam. Cinta itu nggak harus bahagia, nggak harus sedih, dalam cinta itu ada keraguan, tidak bisa memiliki, susah untuk memiliki. Jadi aku ingin berusaha cinta ini bisa jadi universal, siapa pun bisa merasakan," jelasnya.

Dalam proses kreatifnya, Rizky Febian memang ingin mengangkat tema-tema yang dapat membuat orang lain merasa terhubung dalam lagunya. Maka ia tidak ingin semua lagunya hanya berpangkal pada dirinya saja.

"Aku tuh ketika menulis sebuah lagu berusaha untuk tidak egois agar orang seperti tidak mendengarkan cerita Rizky Febian, tapi gimana caranya orang mendengarkan itu justru merasa terwakili oleh lagunya," kata dia.



Simak Video "Minta Teddy Kembalikan Aset Lina, Putri Delina: Ada Hak Kak Iki"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)