Profil Isyana Sarasvati, Dari Pendidikan hingga Pernikahan

Nanda Alifah - detikHot
Jumat, 18 Des 2020 18:11 WIB
Isyana Sarasvati di Java Jazz Festival 2016 hari kedua yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakpus.
Isyana Sarasvati. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Nama Isyana Sarasvati mulai dikenal di belantika musik Indonesia dengan lagu Tetap Dalam Jiwa. Isyana lahir pada 2 Mei 1993 dari pasangan Sapta Dwikardana dan Luna Marpanda.

Lagu yang dinyayikan oleh Isyana Sarasvati sukses memikat hati para penikmat lagu dan penggemarnya. Prestasi yang sudah banyak diukir oleh Isyana Sarasvati membuatnya semakin dicintai oleh para penggemarnya.

Selain cantik, Isyana Sarasvati juga berprestasi dan peduli dengan pendidikan. Aktif di industri hiburan sejak tahun 2014, Isyana Sarasvati tak hanya aktif di dunia tarik suara, namun juga mengepakkan sayapnya hingga layar lebar.

Pendidikan

Penyanyi kelahiran Bandung ini memang sangat peduli dengan pendidikan. Walaupun sibuk, Isyana tetap menomorsatukan pendidikannya.

Saat usianya 16 tahun, Isyana Sarasvati menerima beasiswa dari Pemerintah Singapura untuk belajar Pertunjukan Musik di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA), Singapura. Kemudian saat usinya menginjak 20 tahun Isyana Sarasvati memperoleh Diploma di bidang Music Performance.

Isyana juga dianugerahi beasiswa penuh untuk belajar lebih jauh di NAFA bekerjasama dengan The Royal College of Music (RCM) London, di bawah Bachelor of Music dengan Honours Funded Degree Programme. Pada tahun terakhir studinya tepatnya tahun 2015, dia kembali menerima Beasiswa RCM Excellence Award.

Penyanyi berusia 27 tahun ini kembali menorehkan prestasi pada 26 September 2015. Isyana lulus dari Nanyang Academy of Fine Arts dengan gelar "Bachelor of Music" (B.Mus) dan menerima penghargaan sebagai Lulusan Terbaik serta menerima penghargaan dari Kedutaan Besar Peru.

Menciptakan Lagu Sendiri

Walaupun aktif di industri hiburan sejak 2014, dan tergolong penyanyi pendatang baru, namun Isyana Sarasvati sudah merilis 24 singel lagu. Isyana termasuk penyanyi yang menciptakan sendiri lagu-lagunya.

Solois bersuara sopran ini kemudian memutuskan untuk bergabung dengan Sony Music Enterteiment sejak tahun 2014.

Tak hanya mahir bernyanyi, Isyana juga sangat pandai dalam menulis lagu dan bermain alat musik. Bahkan dirinya menjadi komposer untuk single perdaanya yang berjudul Keep Being You. Lagu ini dirilis pada tahun 2014 saat ia menekuni bidang musik di Nanyang Academy of Fine Arts Singapura.

Isyana SarasvatiIsyana Sarasvati. Foto: Isyana Sarasvati

Selang setahun, penyanyi yang mahir memainkan Piano, Flute, dan Saksofon ini merilis single keduanya bertajuk Tetap dalam Jiwa. Lagunya ini berhasil melambungkan namanya di belantika musik Indonesia.

Lagu Tetap dalam Jiwa diangkat dari kisah nyata teman Isyana di luar negeri yang kisah hubungannya hancur berantakan karena perbedaan. Menurut Isyana, lagu tersebut bisa laris lantaran kisah patah hati merupakan sesuatu yang universal dan bisa terjadi kepada siapa saja.

Pencapaian

Pada tahun yang sama, 2015, Isyana merilis album perdananya bertajuk "Explore!" dengan 10 track lagu di dalamnya. Nama Isyana pun makin tersohor sebagai penyanyi Indonesia saat usianya menginjak 22 tahun. Kiprahnya pun melebar hingga ke dunia iklan. Dia didaulat menjadi endorse beberapa iklan besar.

Meski merambah ke dunia lain, Isyana tetap konsisten dengan dunia yang telah membesarkan namanya. Pada tahun 2016, penyanyi lulusan Royal College of Music, Inggris, ini merilis album Explore! Spesial Edition.

Pada album tersebut terdapat 1 single baru ciptaan Isyana sendiri dan beberapa lagu lawasnya yang diarasemen ulang. Karier profesionalnya pun diganjar penghargaan Female Singer of The Year & Album of The Year, NET. Indonesian Choice Awards 2016.

Aksi panggung Isyana Sarasvati saat tampil di Prambanan Jazz Festival 2020 di komplek Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (31/10/2020). Prambanan Jazz Festival kali ini dilangsungkan secara daring untuk mencegah penyebaran COVID-19.Aksi panggung Isyana Sarasvati saat tampil di Prambanan Jazz Festival 2020 di komplek Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (31/10/2020). Prambanan Jazz Festival kali ini dilangsungkan secara daring untuk mencegah penyebaran COVID-19. Foto: PIUS ERLANGGA

Pada tahun 2017, ia kembali berkarya. Isyana berkolaborasi dengan penyanyi Raisa dalam lagu Anganku Anganmu. Isyana pun makin tersohor sebagai penyanyi papan atas yang berharap karyannya dikenang banyak orang.

Di tahun 2018, Isyana didapuk menjadi salah satu penyanyi yang tampil di upacara penutupan Asian Games di Stadion Gelora Bung Karno. Pada 2019, Isyana bersama Gamaliel dipilih oleh Disney untuk menyanyikan "A Whole New World" versi Indonesia untuk film Aladdin.

Kini dia telah merilis tiga album lainnya dan mendapatkan respons yang baik dari publik.

Menikah

Isyana Sarasvati mengakhiri masa lajang pada tanggal cantik, Minggu (2/2/2020). Dia menikah dengan Rayhan Maditra, pacarnya sejak SMP, di sebuah hotel di Bandung.



Simak Video "Rayakan Hari Musik Nasional Di Rumah Aja Bersama Detikcom"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)