Ardhito Pramono hingga Isyana Sarasvati Borong Nominasi di AMI Awards 2020

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 11 Nov 2020 18:22 WIB
Ardhito Pramono saat berkunjung ke kantor detikcom.
Adhito Pramono. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

2020 tampaknya menjadi tahun keberuntungan bagi Ardhito Pramono. Selain filmnya yang berjudul Story of Kale (When Someone's in Love) baru saja rilis dan mencuri perhatian, musisi berkaca mata itu juga memborong nominasi di ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2020.

Total ada lima nominasi yang diperoleh Ardhito Pramono dari ajang tersebut. Nominasi itu diperoleh Ardhito Pramono dalam kategori Artis Jazz Kontemporer Terbaik, Artis Solo Pria/Wanita Urban Terbaik, Karya Produksi Original Soundtrack Terbaik, Karya Produksi Terbaik Terbaik, Produser Rekaman Terbaik, dan Tim Produksi Suara Terbaik.

Empat dari lima nominasi itu diperoleh Ardhito Pramono lewat lagu Fine Today yang merupakan soundtrack dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.

Sedangkan lagu Trash Talkin' dari mini album Craziest Thing Happened in My Backyard memperoleh satu nominasi untuk kategori Artis Solo Pria/Wanita Urban Terbaik.

Selain Ardhito Pramono, Isyana Sarasvati yang pada tahun lalu bernaung di label yang sama dengannya, Sony Music Indonesia, juga memperoleh empat nominasi.

Nominasi yang diperoleh Isyana Sarasvati adalah untuk kategori Artis Solo Wanita Pop Terbaik dan Pencipta Lagu Pop Terbaik untuk lagu Untuk Hati yang Terluka, Karya Produksi Progressive Terbaik untuk lagu Sikap Duniawi, dan Album Terbaik Terbaik untuk Lexicon.

Begitu pula rilisan dari Sony Music Indonesia lainnya, yakni Marcello Tahitoe memperoleh tiga nominasi untuk kategori Artis Solo Pria/Wanita Rock/Instrumentalia Rock Terbaik, Album Rock Terbaik, Tim Produksi Suara Terbaik.

Judika memperoleh dua nominasi dengan Artis Solo Pria Pop Terbaik dan Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah Terbaik. Selain itu, Cantika Abigail dan Audrey Tapiheru sama-sama memperoleh nominasi dalam kategori yang sama yakni Artis Solo Pria/Wanita Soul/R&B Terbaik.

Begitu pula Gamaliel dan Rendy Pandugo yang memperoleh nominasi untuk kategori yang sama, yakni Artis Solo Pria/Wanita Urban Terbaik.

"Terima kasih kepada masarakat Indoensia, di tengah-tengah pandemi ini telah memberikan apresiasi terhadap industri musik pada umumnya dan Sony Music pada khususnya. Sehingga Sony Music dan artis-artisnya mendapatkan 19 nominasi di AMI Awards 2020," ungkap perwakilan Sony Music dalam keterangan persnya.

Malam penganugerahan AMI Awards 2020 akan berlangsung pada 27 November 2020. Tahun ini, ada 53 kategori yang dilombakan.

Jumlah musisi yang mendaftarkan karyanya ke ajang tersebut di tahun ini melonjak drastis hingga menginjak prosentase hampir 50% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Bila pada 2019 komite AMI Awards menerima 1.973 karya, di tahun ini, ada 2.971 karya yang didaftar dan harus dikurasi juri sebelum akhirnya dinyatakan masuk nominasi. Jumlah itu bahkan menjadi jumlah pendaftar terbanyak selama AMI Awards berlangsung.

Selain mendapatkan lebih banyak pendaftar, AMI Awards juga menambahkan dan mengganti sejumlah kategori sesuai dengan kondisi terkini dan karya-karya baru di industri musik Tanah Air.



Simak Video "Daftar Lengkap Pemenang AMI Awards 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)