Armand Maulana Terinspirasi The Mandalorian Bikin Klip Bareng Upie Guava

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 08 Des 2020 18:22 WIB
Armand Maulana di Main Stage detikHOT.
Armand Maulana. Foto: Asep Syaifullah
Jakarta -

Armand Maulana baru-baru ini mengeluarkan single baru berjudul Be With You. Ada yang spesial dari perilisan lagu tersebut. Bersamaan dengan lagunya, vokalis GIGI itu sekaligus mengeluarkan video klip yang digarap oleh Upie Guava.

Berbeda dengan video klip Armand Maulana sebelumnya, kali ini Upie Guava membuatnya dengan menggunakan teknologi bernama unreal engine.

Teknologi tersebut telah digunakan dalam seri dari saga Star Wars yang berjudul The Mandalorian. Penggunaan unreal engine memungkinkan latar gambar terlihat nyata meski pengambilan gambar hanya berlangsung di studio.

"Kebetulan gue ngefans banget sama Star Wars dari lama, terus Star Wars ada The Mandalorian yang pake unreal engine. Ternyata Upie dapat lah sistem itu dan dipakaikan ke gue," ujar Armand Maulana dalam konferensi pers virtual, Selasa (8/12/2020).

Upie Guava bercerita pada awalnya, semenjak pandemi virus Corona melanda, dia memang tengah mengembangkan teknologi tersebut. Dia melihat, perkembangan lebih mutakhir dari teknologi green screen itu dapat menjadi salah satu jalan keluar dari keterbatasan syuting di masa pandemi.

"Teknologi film itu kan berkembang, sebenarnya ini teknologi berkembang sejak tahun lalu. Unreal engine itu sebenernya buat game, tapi sejak tahun lalu unreal engine mulai mengembangkan fitur-fiturnya untuk ke arah film production," jelas Upie.

"Kami pakai ini sebenernya pake pandemi juga sih. Kami coba pelan-pelan lah, kami kembangin. Di saat yang bersamaan, kang Armand nelpon. Kami ngomongin ternyata satu frekuensi, perkembangan sm team makin mateng, kang Armand juga sudah ngajak syuting. Jadi yaudah inilah yang terjadi," sambung dia.

Menurut Upie Guava dibutuhkan proses yang terbilang panjang untuk menyiapkan perangkat sebelum syuting. Proses itu bahkan memakan waktu lebih dari sehari hanya untuk mempersiapkan perangkat sebelum proses syuting berlangsung.

"Masang LED wall itu nggak bisa sembarangan karena harus rapet, butuh delapan jam masangnya saja. Tracking, kalibrasi dan lain-lain sekitar enam jam juga di lokasi. H-1 (syuting) kami sampai jam 12 malem, plus ada kendala teknis, ini kan teknologi bukan beli software, ini kita develop sendiri," tutur dia.

[Gambas:Youtube]



Upie Guava pun menjelaskan proses pengambilan gambar yang dilakukan hingga gambar yang dihasilkan dapat terlihat sebagaimana latar aslinya.

"Jadi LED di belakang project, tapi di bawah kamera kami taruh tracker. Jadi seakan-akan terbentuk image 3D," ungkapnya.

Menjadi sutradara pertama yang membuat video klip dengan Unreal Engine membuat Upie Guava senang sekaligus juga gugup.

"The first unreal engine di Indonesia. Mereka pada nggak percaya ini sudah ada di Indonesia, dan ada yang berani pakai, karena ini teknologi belum pernah ada yang pakai (di Indonesia). Untuk nyobain kan butuh studio, butuh dikumpulkan kan, pertama kali kita gabungkan di klipnya Armand, deg degan juga," kata Upie.

Be With You merupakan lagu yang tulis oleh David Sam dan Irwan Susanto. Brian Domani didapuk sebagai bintang dari video klip lagu dari Armand Maulana tersebut.



Simak Video "Armand Maulana Sambut Baik Rencana Pemerintah Gelar Kembali Konser Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)