7 Tahun Vakum, Elkasih Siap Kembali ke Industri Musik

Hanif Hawari - detikHot
Sabtu, 03 Okt 2020 21:04 WIB
El Ibnu, vokalis Elkasih
El Ibnu vokalis Elkasih Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta -

Grup band Elkasih sudah 7 tahun vakum dari industri musik. Kini, mereka siap kembali ke dunia hiburan.

Hal itu terjadi usai personel Elkasih sempat bubar karena satu dan lain hal. Salah satu diantaranya adalah karena kontrak Elkasih habis dengan label Intitek Virtulindo Mandiri (IVM), perusahaan rekaman yang diduga menipu mereka.

Beberapa personel Elkasih memilih untuk tidak lagi menjadi anak band. Mereka ingin menjalani hidup baru dengan mencari penghasilan lain. Seperti diketahui, Sejak tahun 2008 Elkasih mengaku tidak pernah mendapatkan royalty dari lagu-lagu tersebut.

Pada saat itu, Elkasih diisi oleh El Ibnu, Ari, Arief, Binbin, Fajar. Mereka adalah angkatan pertama dari grup Band Elkasih.

"Vakum saat album kedua selesai dengan label itu," kata Ari selaku keyboradis Elkasih, saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, belum lama ini.

Hingga akhirnya Elkasih hanya tersisa 2 orang, yaitu El Ibnu dan Binbin alias Binsar. Mereka memilih untuk melanjutkan karir Elkasih.

"Terus dilanjutkan sama Ibnu di Nagaswara tahun 2013, tapi personelnya cuma Ibnu dan Binsar. Kita sudah keluar lah gitu," ujar Ari.

Tak berjalan lama, Elkasih pun akhirnya 'mati'. Hal itu terjadi saat sang vokalis, Noventino Budi Lesmana alias El Ibnu terserang stroke pada saat manggung di Maroko.

"Tapi di Nagaswara itu kalau nggak salah cuma satu single aja. Setelah itu vakum, terus terakhir saya denger 2015 kena stroke," ucap Ari.

Kini Elkasih pun sudah kembali. Namun sayangnya, El Ibnu tidak lagi bisa meniadi vokalis mengingat kondisinya yang tidak memungkinkan. Sedangkan Binbin memilih keluar dan digantikan oleh Piko sebagai gitaris.

"Kita sudah bikin bulan lalu yang Elkasih Legacy. itu tonggak awal kebangkitan Elkasih. Cuma mungkin ada episodenya lah, ada elektasi reborn karena kan maksudnya vokalisnya bukan Ibnu lagi," imbuh Ari.

Namun El Ibnu tetap meniadi bagian dari Elkasih. Ia menjadi orang di belakang layar yang membuat lagu untuk band tercintanta itu.

"Sekarang lagi audisi vokalis nih. sudah ada 8 kandidat, ini mau kita undang ke Jakarta mau kita audisi final. Sekarang kita juga lagi bikin single, Elkasih Legacy juga, lanjutan yang kemarin," tandasnya.

"Kita sih inginnya Ibnu tetep semangat. karena kan nggak bisa terpisahkan lah Elkasih dengan Ibnu. Kebangkitan Elkasih kan dimulainya dari Ibnu juga. Pas kita nengok ke panti, kita belum ada wacana membangkitkan Elkasih. Tapibegitu kita ke sana, Ibnu sendiri yang mencetuskan Elkasih lanjut lagi. Di situ lah kita bergerak," tambah Ari.

Arief, selalu drummer berharap semoga Elkasih bisa kembali diterima di kalangan masyarakat. Sedangkan Ari ingin Elkasih menjadi tempat silaturahmi yang baik bagi mereka dan El Ibnu.

"Harapannya nggak muluk-muluk lah. Elkasih bisa diterima, berkiprah lagi di musik Indonesia. mudah-mudahan versi Elkasih yang kemarin sempat hilang kini berkumpul lagi," doa Arief.

"Kita juga ingin mempererat silaturahmi dengan Ibny. kalau ada rejekinya kan bisa membantu Ibnu juga, untuk hidupnya dan pengobatannya mungkin," tutup Ari.



Simak Video "Cerita Pilu Vokalis Elkasih, Idap Stroke Berujung Ditinggal Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/dar)