Hak Cipta Elkasih Akhirnya Kembali

Hanif Hawari - detikHot
Jumat, 02 Okt 2020 19:39 WIB
El Ibnu, vokalis Elkasih
El Ibnu, vokalis Elkasih. Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta -

Kabar bahagia datang dari grup band Elkasih. Setelah bertahun-tahun merasa ditipu labelnya, Intitek Virtulindo Mandiri (IVM), kini mereka akhirnya bisa mendapatkan kembali hak cipta lagu-lagunya.

Hal itu dibenarkan oleh Ari, selaku keyboardis Elkasih. Bukan melalui pengadilan, Elkasih bisa mendapatkan hak nya tersebut setelah melalui jalan kekeluargaan.

"Kembali hak ciptanya ke kami itu benar. tapi bukan kami rebut melalui jalur pengadilan. jadi tidak ada gugatan, tidak ada pengadilan dan tidak ada somasi. Kami dengan cara pendekatan saja. Jadi mereka menarik diri," ungkap Ari saat dihubungi detikcom, Jumat (2/9/2020).

Arief, selaku drummer Elkasih mengatakan, kembalinya hak cipta Elkasih diduga terjadi setelah adanya desakan dari masyarakat. Banyak yang prihatin dengan kondisi sang vokalis, El Ibnu, yang tidak berdaya akibat sakit stroke yang diidapnya.

"Mungkin mereka ada desakan, jadi mereka agak panik juga bahwa kita El Kasih hidup lagi, berkumpul lagi terus menanyakan hak-haknya. Itu kan dengan keadaan Ibnu sekarang secara tidak langsung akan menanyakan mereka lah, tentang hak kami yang selama ini memang tidak ada," kata Arief.

Proses merebut hak cipta pun berjalan cukup singkat. Tidak sampai seminggu, Elkasih bisa medapatkan kembali hak-haknya tersebut.

"Jadi tim kuasa hukum kami sudah mengirimi surat ke RPM pihak distributornya. dan mereka memberijawaban bahwa mereka hanya distributor. Hak lagunya ada di IVM yang dulu itu. Jadi mereka serba salah karena terikat kontrak dengan yang memberi izin distribusi itu, tapi dia juga nggak tahu ada permasalahan di sini," tutur Arief.

"Akhirnya mungkin mereka menarik semua lagu-lagu Elkasih dari peredaran. menarik lagu dari itunes, spotify, joox, lalu menarik klaim YouTube sudah di take out, sudah clear. Jadi mereka sudah menarik diri dan lagunya kami akuisisi. Minggu lalu lah (kirim surat) dan dua hari lalu sudah dibalas," lanjutnya.

El ibnu sangat bahagia ketika mendengar kabar tersebut. Perjuangannya bersama teman-temannya akhirnya kini membuahkan hasil setelah melalui proses panjang.

"Kalau Ibnu sih, kalau dia bisa loncat dia akan loncat," ucap Ari.

Seperti diketahui, grup band Elkasih sempat jaya pada masanya. Tahun 2008, single nya yang berjudul Kau Tigakan Cintaku meledak di pasaran.

Setelah 6 bulan berjalan, lagu tersebut tembus hingga 8 juta ribu. Namun sayangnya Elkasih belum pernah sama sekali mencicipi hasil dari jerih payah tersebut.



Simak Video "Cerita Pilu Vokalis Elkasih, Idap Stroke Berujung Ditinggal Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/srs)