Titi DJ Menangis saat Diperdengarkan Bahasa Kalbu Versi Baru Raisa

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 28 Agu 2020 15:09 WIB
Titi DJ saat ditemui di kawasan Pluit.
Titi DJ menangis saat diperdengarkan lagu Bahasa Kalbu versi Raisa Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Raisa menyanyikan ulang Bahasa Kalbu yang sebelumnya telah dipopulerkan oleh Titi DJ. Lagu yang ditulis bersama oleh Andi Rianto, Titi DJ, dan Dorie Kalmas itu dikemas kembali dengan aransemen baru.

Dalam versi barunya, Raisa menyanyikan Bahasa Kalbu dengan diiringi oleh kurang lebih 40 musisi yang tergabung dalam Magenta Orchestra di bawah pimpinan Andi Rianto.

Sebelum membawakan lagu itu, Raisa sudah terlebih dahulu meminta izin pada Titi DJ untuk menyanyikannya kembali. Namun dirinya tidak menyangka akan mendapatkan respons yang begitu hangat dari penyanyi asli lagu tersebut.

Setelah selesai merekam lagu itu, Raisa pun mengirimkan lagu pada Titi DJ. Tidak disangka, penyanyi senior itu mengirimkan pesan suara yang mengatakan dirinya menangis mendengar lagu miliknya dibawakan ulang oleh Raisa.

"Kalau pendapat ibu Titi (DJ), aku masih simpan chat dia di WhatsApp aku, dia bilang 'Yaya (panggilan akrab Raisa) aku nangis dengerin lagu ini'," cerita Raisa dalam konferensi pers virtual, Jumat (28/8/2020).

"Aku memang kasih tahu dia tiap ada update apapun, kami pasti update, dan pas sudah jadi, aku kasih denger, dan terjadilah little cry yang aku jadinya juga cry pas denger voice note-nya," sambung Raisa.

Menurut Andi Rianto, meskipun sama-sama bertindak menggarap aransemen dalam Bahasa Kalbu baik dulu maupun kini, dirinya mengatakan tetap ada hal yang menjadi pembeda.

"Bahasa Kalbu itu benar-benar lagu ketika baru pertama kali saya jadi arranger di Indonesia. Kalau sekarang kan sudah lebih banyak asam garam jadi aransemennya lebih kaya," tutur Andi Rianto.

Andi Rianto juga mengatakan, saat pertama kali dirinya mengaransemen Bahasa Kalbu versi terdahulu, dirinya masih penggunakan instrumen musik yang sederhana.

"Waktu itu saya cuman pakai keyboard, sekarang pakai 40 pemain orkestra," kata Andi Rianto.

Bagi Raisa maupun Adryanto Pratono atau Adry Boim dari Juni Records, proses penggarapan lagu Bahasa Kalbu memiliki tantangan tersendiri.

"Jujur gue 10 tahun sama Yaya, ini salah satu lagu yang tingkat kesulitannya paling tinggi. Karena ini lagu pertama Yaya dengan full orkestra," jelas Adry.

Bahasa Kalbu pertama kali rilis pada 1999 dalam album berjudul sama. Album Bahasa Kalbu berhasil menang di 5 dari 6 nominasi di Anugerah Musik Indonesia Awards 1999 yaitu Penyanyi Pop Wanita Terbaik, Album Pop Terbaik, Penyanyi Rekaman Terbaik, Lagu Terbaik, dan Album Rekaman Terbaik.



Simak Video "Raisa Dapat Wangsit saat Remake 'Bahasa Kalbu' Nuansa Orchestra"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/tia)