Raisa Nyanyikan Ulang Bahasa Kalbu, Lagu dari Masa Kecilnya

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 28 Agu 2020 13:34 WIB
raisa
Raisa nyanyikan ulang lagu Bahasa Kalbu Foto: Instagram @rayhafidz, Instagram @jacob_wil, Instagram @raisa6690
Jakarta -

Raisa akhirnya merilis lagu Bahasa Kalbu hari ini, Jumat (28/8/2020). Sebelumnya, dia telah memberi sejumlah pengumuman dan petunjuk di media sosial miliknya.

Dalam versi barunya itu, Raisa menyanyikan ulang lagu itu dengan diiringi oleh kurang lebih 40 musisi yang tergabung dalam Magenta Orchestra pimpinan Andi Rianto.

Menurut penyanyi kelahiran 6 Juni 1990 itu, lagu Bahasa Kalbu memiliki makna tersendiri baginya. Lagu itu adalah lagu yang pernah dinyanyikan Raisa dalam sebuah acara keluarga di masa kecilnya.

Selain itu, bagi Raisa, Bahasa Kalbu adalah salah satu lagu yang menginspirasinya dalam hal pembuatan lirik.

"Melodinya sangat indah dan liriknya luar biasa banget, salah satu lagu Indonesia yang bikin aku tertarik sama penulisan lirik ya karena lagu ini. Aku juga pernah bawain lagu waktu kecil," cerita Raisa dalam konferensi pers virtual.

Meski demikian, kesempatan untuk menyanyikan kembali Bahasa Kalbu justru datang ketika Raisa membawakan lagu ini di konser ulang tahun Magenta Orchestra. Penampilan panggung Raisa menuai banyak pujian.

Di media sosial, sejumlah penggemar mengirimkan unggahan penampilan Raisa membawakan Bahasa Kalbu pada eksekutif produser Juni Records, Adryanto Pratono atau Adry Boim. Dari situlah ide untuk merekam Bahasa Kalbu versi baru muncul.

"Sebenarnya kalau gue sih mungkin (tujuan menyanyikan ulang untuk) ngebawa lagu ini untuk younger audience juga, yang pasti memanjangkan napasnya lagu ini ke generasi yang ke bawah-bawah lagi," kata Raisa.

Penggarapan lagu ini bukan tanpa halangan. Lagu ini telah rampung direkam pada akhir 2019 dan rencananya akan dirilis sebagai single pada kuartal pertama tahun ini. Sayangnya rencana itu harus tertunda karena adanya pandemi COVID-19 yang masuk ke Indonesia.

Beruntung Raisa dan Andi Rianto telah berhasil merampungkan proses syuting video klip satu minggu sebelum DKI Jakarta menerapkan masa PSBB (pembatasan sosial berskal besar).

Menunggu waktu yang tepat dan menyelesaikan proses pasca produksi secara jarak jauh selama PSBB, akhirnya Raisa baru memutuskan untuk merilis Bahasa Kalbu saat ini.

"Menurut gue, tiga bulan ini kami belajar lah ya beradaptasi. Jadi mustinya keliatannya baik-baik aja sih. Ini rilisan pertama Juni (Records) di kala pandemi kayaknya," terang Adry Boim.

Bahasa Kalbu sekaligus menjadi lagu pertama Raisa yang direkam dengan orkestra formasi penuh.

Untuk diketahui, Bahasa Kalbu merupakan lagu yang ditulis oleh Andi Rianto, Titi DJ dan Dorie Kalmas. Lagu itu terdapat di album berjudul sama yang rilis pada 1999.



Simak Video "Kesedihan Raisa Kembali Tunda Konser di GBK karena Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/tia)