Erwin Gutawa Cerita Makna di Balik Konser Satukan Energi untuk Indonesia

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikHot
Minggu, 12 Jul 2020 11:17 WIB
Musisi yang juga konduktor, Erwin Gutawa meresmikan lembaga pendidikan musik Erwin Gutawa Music Scholl (EGMS), di Jakarta, Rabu (17/01/2018).
Erwin Gutawa/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menggandeng maestro musik Indonesia Erwin Gutawa untuk mengkurasi aransemen lagu di dalam konser orkestra virtual 'Satukan Energi untuk Indonesia'.

Erwin Gutawa mengungkapkan makna dari aransemen lagu konser tersebut, di mana aransemennya memiliki tujuan untuk membangun optimisme dan semangat masyarakat Indonesia yang sedang terdampak pandemi COVID-19.

"Saya rasa nanti kita juga akan menyuarakan sesuatu yang isinya energi positif, optimisme, kemudian kita harus menjadi kuat. Kita juga harus bangga menjadi orang Indonesia, terhadap keindahan alamnya, bangga terhadap negara kita, dan segala macam. Intinya sih aransemennya mengajak semua untuk bersinergi positif untuk negeri kita," ujar Erwin dalam Konser 'Satukan Energi untuk Indonesia' yang diadakan BNI bersama detikcom, Sabtu (11/7/2020).

Adapun aransemen lagu-lagu yang dibawakan Erwin Gutawa terdiri dari dari Hymne BNI, Mahadaya Cinta (dipopulerkan Krisdayanti), Harmoni (dipopulerkan Padi), Jangan Menyerah (dipopulerkan D'MASIV), Manusia Kuat (dipopulerkan Tulus), Zamrud Khatulistiwa (dipopulerkan Chrisye), dan Bendera (dipopulerkan Cokelat).

Erwin Gutawa menjelaskan kolaborasi yang terjadi juga merupakan sebuah simbol yang memiliki makna persatuan. Kemudian untuk lagu-lagu yang dipilih memiliki makna simbolis tersendiri, seperti Mahadaya Cinta dan Harmoni.

"Topiknya kan satukan energi untuk Indonesia, jadi itu diwujudkan dalam banyak kolaborasi. Tadi kita lihat kan ada banyak kolaborasi penyanyi, nanti ada banyak yang keren-keren juga," ujarnya.

"Kenapa ada lagu seperti Mahadaya Cinta dan Harmoni, karena di Mahadaya Cinta itu liriknya bercerita mengenai cinta sesama insan manusia. Terus Harmoni itu mengenai persatuan, bagaimana kita harus selalu memberikan pesan damai untuk semua," imbuhnya.

Erwin berharap bahwa konser 'Satukan Energi untuk Indonesia' persembahan dari BNI ini dapat menginspirasi masyarakat untuk mulai bersatu dan bangga menjadi bangsa Indonesia. Dirinya pun ingin masyarakat Indonesia bisa bangkit, tidak menyerah, serta kuat dibarengi dengan semangat optimisme di dalam kondisi pandemi ini.

"Konser persembahan dari kami ini semoga bisa menginspirasi kita semua. Dari mulai kita bersatu karena saling mencinta sebagai sesama manusia, harmonis karena selalu ingin damai, kita nggak boleh cepat menyerah karena kita pasti kuat, dan kita harus bangga jadi orang Indonesia," pungkas Erwin.

Selaras dengan Erwin Gutawa, Direktur Utama BNI Herry Sidharta mengatakan bahwa konser BNI ini merupakan sebuah ajakan untuk seluruh masyarakat Indoensia agar memiliki optimisme yang sama. Hal tersebut tentunya dibutuhkan agar Indonesia bisa menjadi lebih baik di masa adaptasi kebiasaan baru.

"Melalui konser ini kami ingin mengajak seluruh elemen bangsa untuk memiliki optimisme yang sama, dengan menyatukan energi positif agar kita dapat cepat bangkit dan segera pulih. Sehingga Indonesia menjadi lebih baik lagi di masa adaptasi kebiasaan baru," ujar Herry.

"Harapannya kita bisa menyatukan tekat dan langkah dengan 'Swadharma Bhakti Nagara' yang bemakna pengabdian secara tulus dan iklas dalam membangun negara dengan selalu mengingat nilai-nilai Pancasila sebagai pemersatu bangsa," imbuhnya.

Herry mengatakan semenjak berdiri 74 tahun silam, BNI terus memberikan kontribusi terbaiknya dengan berperan aktif untuk menggerakkan perekonomian nasional. Nilai-nilai positif dari BNI itulah yang ingin dibagikan kepada masyarakat melalui aransemen di konser ini. Dirinya pun mengungkapkan bahwa BNI akan terus mendukung industri musik dan kreatif di Tanah Air.

"Nilai-nilai inilah yang termakna dalam syair Hymne BNI yang diciptakan oleh F.A.S Djoko Pratomo dan saat ini telah diaransemen ulang oleh Erwin Gutawa. Kami berharap masyarakat Indonesia dapat meresapi maknanya sehingga kita memiliki derap langkah yang sama untuk membangun Indonesia Raya. BNI akan selalu support industri musik dan kreatif ini, " pungkas Herry.

Sebagai informasi, konser virtual 'Satukan Energi untuk Indonesia' merupakan konser untuk yang dipersembahkan BNI kepada BNI Hi-Movers dan masyarakat Indonesia. Musisi yang yang tampil bersama Erwin Gutawa dalam konser ini antara lain Ardhito Pramono, Yura Yunita, Lyodra, Tulus, Lea Simanjuntak, Kikan, dan Sruti Respati.

Adapun di dalam acara ini juga berlangsung pengumpulan donasi untuk membantu masyarakat Indonesia yang terdampak COVID-19. Ada juga challenge dari BNI dan detikcom untuk mendapatkan tapcash dengan saldo Rp 500.000 untuk 14 pemenang beruntung dan iPhone 11 128GB untuk pemenang utama. Para pemenang challenge ini pun akan diumumkan pada tanggal 13 Juli 2020.



Simak Video "Berkat Kepercayaan Diri, Putri Tanjung Dapat Menjadi Creativepreneur Di Usia Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)