detikHot

music

Jadi Musisi Top Indonesia, dari Mana Sumber Inspirasi Erwin Gutawa?

Sabtu, 11 Jul 2020 22:17 WIB Reyhan Diandri Ghivarianto - detikHot
Erwin Gutawa Mengenang Chrisye Foto: Asep Syaifullah
Jakarta -

Sosok Erwin Gutawa tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Aransemen lagu-lagu yang diciptakan sang maestro musik ini, telah banyak mendapatkan penghargaan mulai dari Anugerah Musik Indonesia (AMI) hingga Bandung Musik Festival.

Namun pencinta musik mungkin banyak yang belum tahu, dari manakah sang maestro mendapatkan inspirasi dalam mengaransemen lagunya. Erwin Gutawa mengungkapkan mendapat inspirasi aransemen sebuah lagu dari suara alat-alat yang dimainkan dalam orkestranya.

"Tentunya kalau saya bikin aransemen saya berpatokan pada itu bahwa bunyi-bunyian yang keluar dari orkestra harus bersinergi menjadi sebuah keindahan," ujar Erwin dalam Konser 'Satukan Energi untuk Indonesia' yang diadakan BNI dengan detikcom, Sabtu (11/7/2020).

Erwin juga mengatakan, selain dari suara alat musik dalam orkestranya, tentunya teman-teman orkestra juga menjadi inspirasi dalam pembuatan aransemen. Karena setiap alat-alat musik yang dipegang oleh pemain orkestra dapat menjadi keharmonian jika dapat bersinergi dengan baik.

"Selalu saya dibantu oleh teman-teman orkestra. Orkestra itu pasti melibatkan puluhan orang dan mereka main di tempatnya masing-masing," ungkap Erwin.

"Orkestra itu sudah jadi terjemahan dari sebuah persatuan karena di dalamnya terdiri dari alat-alat yang berbeda, tetapi tetap harus bersinergi untuk menyatukan bunyi agar terdengar lebih megah, lebih harmoni, dan segala macem," imbuhnya.

Kemudian, Erwin bercerita mengenai konsep konser virtual yang membantunya tetap kreatif mengaransemen lagu selama masa pandemi ini. Dirinya mengakui dengan adanya teknologi sangat membantu musisi dalam hal menciptakan karya.

"Pertama kali kegiatan virtual konser ini nggak disangka-sangka karena kita kaget banget beberapa bulan yang lalu nggak boleh ngapa-ngapain, tapi kan pada intinya kita para insan seni maupun semua orang harus bisa berbuat sesuatu walaupun di rumah aja. Nah, konser virtual sebenarnya menjadi solusi kalau kita tetap bisa kreatif dengan teknologi," jelas Erwin.

Erwin pun menambahkan, dengan adanya teknologi dan konser virtual banyak hal positif yang telah didapatkan. Hikmahnya konser virtual bisa menjadi alternatif baru dalam kehidupan seorang musisi.

"Positifnya konser virtual ini bisa jadi jalan terus walaupun nanti kita akan kembali membaik karena ini menjadi satu aktivitas konser yang menjadi alternatif dari biasanya. Jadi hikmahnya kita punya alternatif baru, punya cara baru untuk nonton dan melakukan kegiatan konser," pungkasnya.

Sebagai informasi, konser virtual 'Satukan Energi untuk Indonesia' merupakan konser untuk merayakan HUT ke-74 BNI yang dipersembahkan kepada BNI Hi-Movers dan masyarakat Indonesia. Lagu-lagu yang dipilih merepresentasikan semangat dan optimisme.

Selain Erwin Gutawa, konser ini juga dimeriahkan oleh beberapa musisi ternama Indonesia, seperti Tulus, Ardhito Pramono, Yura Yunita, Kikan, Sruti Respati, hingga Lea Simanjuntak dengan dipandu host Boy William dan Sheila Dara. BNI juga mengajak Hi-Movers berdonasi sehingga dapat berkontribusi untuk membantu masyarakat Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19.


(prf/ega)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com