Avatar: The Way of Water Siap Kantongi Jutaan Dolar dari Bioskop China

ADVERTISEMENT

Avatar: The Way of Water Siap Kantongi Jutaan Dolar dari Bioskop China

Sayyidatus Syarifah - detikHot
Senin, 28 Nov 2022 14:26 WIB
Avatar: The Way of Water
Foto: dok. 20th Century Studios
Jakarta -

Film Avatar: The Way of Water lulus sensor di China. Film ini akan resmi tayang di negara tersebut pada 16 Desember 2022.

China merupakan pasar film terbesar di dunia. Namun, di balik statusnya tersebut, China dikenal juga memiliki aturan ketat mengenai distribusi film di sana. Tak hanya itu, China juga memberlakukan sistem sensor yang sangat ketat sehingga membatasi impor film asing dan mengontrol jadwal rilis film asing. Hal ini dilakukan Negara tersebut untuk melindungi industri film dalam negeri.

Sekuel Avatar ini menjadi salah satu film Hollywood yang mendapatkan izin tayang di Negeri Tirai Bambu. Beberapa film Hollywood yang tayang di China sebelumnya mendapat sensor ketat dari pemerintah setempat. Film-film Disney pun tak luput dari sensor ini. Selain itu, film-film bioskop yang tayang di China (terutama di platform streaming) kerap kali punya ending yang berbeda dengan film aslinya.

Avatar: The Way of Water di sisi lain mendapat lampu hijau buat tayang di bioskop setelah serangkaian diskusi. Penayangan ini juga sudah termasuk dalam format IMAX, seperti yang dikabarkan Disney lewat akun Weibo resminya. Hal ini menjadikan Avatar: The Way of Water sebagai satu-satunya film Hollywood yang tayang di China sejak pandemi COVID-19.

Film pertama Avatar sangat sukses di seluruh dunia termasuk China. Tentunya hal ini membuat harapan sekuel film tersebut dapat meraih kesuksesan yang sama. Avatar telah tayang beberapa kali di China sejak perilisan perdananya pada tahun 2009. Film tersebut mendapat keuntungan sebesar US$261,8 juta selama tayang di China dan keuntungan tersebut hanya dari penonton China saja.

Selain itu, juga memperoleh keuntungan hampir US$ 58 juta dari penayangan ulangnya di tahun 2021. Kesuksesan tersebut membuat Avatar menjadi film terlaris sepanjang masa dengan memperolah keuntungan lebih dari US$2,92 miliar. Angka tersebut tidak termasuk penyesuaian inflasi dan rilis ulang.

Keputusan China mengizinkan film Avatar: The Way Of Water tayang kemungkinan akan menjawab keresahan James Cameron mengenai film tersebut akan meraih keuntungan. Kepada GQ, ia mengungkapkan bahwa ia yakin film ini akan ditayangkan meskipun anggaran film ini sangat tinggi. Avatar: The Way Of Water harus menjadi film yang berpenghasilan tertinggi sepanjang masa untuk bisa balik modal.

Sekuel Avatar ini akan tayang lebih dari 3 jam, melanjutkan kisah cinta antara Jake Sully (Sam Worthington) dan Neytiri (Zoe SaldaƱa) setelah lebih dari satu dekade peristiwa film pertama. Film ini juga akan menampilkan anak-anak dari pasangan tersebut antara lain Neteyam (Jamie Flatters), Lo'ak (Britain Dalton), Tuktirey (Trinity Bliss), dan Kirk (Sigourney Weaver). Film garapan James Cameron ini juga akan dibintangi oleh Stephen Lang, Kate Winslet, Cliff Curtis, dan Matt Gerald.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT