Soal Metkayina, Suku Na'vi Air di Avatar 2

ADVERTISEMENT

Soal Metkayina, Suku Na'vi Air di Avatar 2

Asep Syaifullah - detikHot
Selasa, 22 Nov 2022 19:36 WIB
Cuplikan trailer Avatar: The Way of Water.
Penampakan suku Metkayina di Avatar 2. Dok. 20th Century Studios
Jakarta -

Dalam trailer terkini dari Avatar: The Way of Water, kita disuguhkan bagaimana keadaan Pandora 13 tahun setelah kejadian di film pertamanya. Beragam lingkungan baru pun dimunculkan, salah satu latar yang paling disorot adalah suku Na'vi yang hidup di air yakni Metkayina.

Berbeda dengan suku Omaticaya di film pertama yang memiliki kulit biru, suku ini berwarna sedikit hijau dan menjalani hidup yang berharmoni dengan lautan. Mereka juga menjadi salah satu konflik yang dihadirkan James Cameron di film terbarunya itu.

Ada beberapa karakter baru yang tentunya hadir yakni Tonowari (Cliff Curtis) pemimpin suku Metkayina, Ronal (Kate Winslet), istri Tonowari hingga Reya (Bailey Bass), putri dari Tonowari dan Ronal.

Pada cuplikan video tersebut, kita disuguhkan betapa indahnya dan keajaiban di dalam Pandora yang membuat kita tersadar jika Cameron benar-benar menaikkan levelnya (baru terlihat) di dalam teknis visual. Kita kembali diingatkan bagaimana proses adaptasi yang dulu dialami Jake Sully (Sam Worthington) kini dialami anak-anaknya saat bergabung dengan Metkayina.

Lalu bagaimana penjelasan soal suku baru tersebut? Metkayina tinggal di semenanjung di Pandora, biasanya desa mereka disebut Marui yang dibangun dari akar mangrove. Rumah-rumah mereka pun bermodelkan rumah panggung atau ada di atas air agar memudahkan mereka untuk berenang.

Cuplikan trailer Avatar: The Way of Water.Cuplikan trailer Avatar: The Way of Water. Foto: Dok. 20th Century Studios

Dalam bangsa Metkayina, mereka memiliki hewan suci yang diberi nama Tulkuns yang berbentuk seperti paus. Mereka menganggap jika hewan itu adalah jelmaan dari roh saudara mereka yang meninggal dunia. Sementara untuk bepergian, mereka mengendarai ilus yang berbentuk seperti plesiosaur yang sudah punah.

Selain itu, Metkayina juga memiliki tato khusus yang berbeda-beda pada tiap individu. Lokasi pada tato itu memiliki arti tersendiri, jika di bagian dada maka itu menunjukkan jika mereka adalah penjaga di daerah pulau. Sementara tato di lengan, artinya mereka adalah seorang pemburu atau pun penjaga bagian laut.

Mereka juga memiliki ritual pendewasaan diri yang disebut dengan Iknimaya. Beberapa di antara mereka mendapatkan tes seperti menghadapi tulkun yang dianggap reinkarnasi saudaranya. Usai berhasil melakoninya, mereka pun akan diberikan tato khusus sebagai tanda sudah menjadi dewasa.

Tak hanya warna kulit saja yang sedikit berbeda dengan Neytiri (suku Omaticaya), mata mereka juga sedikit lebih besar dan warnanya kebiru-biruan. Tangan dan kaki mereka juga seperti sirip yang membantunya berenang lebih cepat. Bagian dada mereka juga lebih besar yang menunjukkan jika paru-paru mereka yang berevolusi untuk menyimpan lebih banyak udara saat berenang.

Avatar: The Way of Water dibintangi oleh Zoe Saldana, Sigourney Weaver, Stephen Lang, Kate Winslet hingga Sam Worthington. Film tersebut dijadwalkan tayang pada 14 Desember di bioskop seluruh Tanah Air.



Simak Video "Siap-siap! Avatar 2 Dikabarkan Berdurasi Lebih dari 3 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT