Mencuri Raden Saleh Dilabeli Standar Baru Film Nasional

ADVERTISEMENT

Mencuri Raden Saleh Dilabeli Standar Baru Film Nasional

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 18 Okt 2022 17:03 WIB
Mencuri Raden Saleh
Foto: dok. Visinema
Jakarta -

Gelaran Jakarta Film Week 2022 berlangsung meriah dengan diumumkannya sederet juara. Mencuri Raden Saleh produksi Visinema Pictures keluar sebagai peraih penghargaan Film Panjang Indonesia Terbaik (Direction Award).

Jakarta Film Week 2022 digelar pada 13 hingga 16 Oktober 2022. Tahun ini, Jakarta Film Week mengusung tema 'Emerge' yang kembali memberikan apresiasi kepada sineas terbaik di dunia dengan karya-karya mereka. Malam anugerah dilaksanakan pada 16 Oktober 2022 di CGV Grand Indonesia. Di momen inilah Mencuri Raden Saleh dianugerahkan piala Film Panjang Terbaik (Direction Award) oleh dewan juri.

Piala ini diberikan kepada Mencuri Raden Saleh karena dewan juri menilai bahwa film ini merupakan sebuah simbol progresivitas dalam perfilman nasional. Dewan juri Jakarta Film Week 2022 juga menyebut bahwa Mencuri Raden Saleh telah berhasil meningkatkan standar baru film Indonesia.

"Alasan kami memilih film ini karena kami merasa film ini merupakan simbol progresivitas perfilman nasional. Film ini berhasil memadukan seluruh elemen dengan baik. Selain itu, film ini juga berhasil menjadi standar baru bagi film nasional," papar Wilza Lubis dalam keterangan resminya.

Mencuri Raden SalehMencuri Raden Saleh Foto: dok. Visinema

Perwakilan dari Visinema Pictures mengucapkan perasaan terima kasih dan bangga mereka atas penghargaan buat film ini. Sayang dalam malam penghargaan, Angga Dwimas Sasongko selaku sutradara Mencuri Raden Saleh tidak dapat hadir dan diwakili oleh Cristian Imanuell, produser dari film tersebut.

"Saya mewakili sang sutradara, Mas Angga Dwimas Sasongko, seluruh kru, cast, tim distribusi serta marketing yang telah mencurahkan hatinya untuk Mencuri Raden Saleh mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Semoga kemenangan ini bisa menjadi pertanda bahwa di masa mendatang, kita bisa menghasilkan karya-karya film yang lebih baik lagi," kata dia.

Lebih dari 2.350.000 orang telah menonton Mencuri Raden Saleh, sebuah film heist lokal yang berhasil kantongi beragam pujian dari para kritikus, komunitas film, hingga seluruh penonton di tanah air. Hingga saat ini, beberapa bioskop masih menayangkan film Mencuri Raden Saleh.

Mencuri Raden SalehMencuri Raden Saleh Foto: dok. Visinema

Bukan hanya itu, film-film lain seperti Bukan Anak Meriam meraih penghargaan pada kategori Jakarta film fund. Ada juga kategori Global Feature Competition yang dimenangkan oleh film Before, Now & Then (NANA). Sementara itu, untuk kategori Series Of The Year dimenangkan oleh Yang Hilang Dalam Cinta.

Kata Gumilar Ekalaya, tahun depan ia berjanji akan membuat Jakarta Film Week yang lebih megah lagi. Bukan tanpa alasan, Gumilar Ekalaya merasa tahun ini Jakarta Film Week terus mengalami peningkatan dibandingkan yang lalu. Katanya, ia merasa Jakarta Film Week 2022 sudah berada di jalan yang benar dan akan lebih meriah lagi tahun depan.

(aay/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT