ADVERTISEMENT

Para Pemain Kenang Pengalaman Pertama Nonton Avatar di Layar Lebar

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 13 Sep 2022 17:03 WIB
ANAHEIM, CALIFORNIA - SEPTEMBER 10: (L-R) Stephen Lang, Zoe Saldana, Sam Worthington, Sigourney Weaver, and Jon Landau attend D23 Expo 2022 at Anaheim Convention Center in Anaheim, California on September 10, 2022. (Photo by Alberto E. Rodriguez/Getty Images for Disney)
Foto: Getty Images for Disney/Alberto E. Rodriguez
Jakarta -

Film arahan James Cameron, Avatar, yang pertama kali dirilis tahun 2009 akan tayang lagi di layar lebar pada September ini. Avatar kembali dengan teknologi gambar yang lebih baru, lebih canggih, dan tentunya sebagai persiapan buat menyambut sekuelnya Avatar: The Way of Water pada Desember 2022.

Senin (12/9/2022) sore Waktu Standar Pasifik bertepatan dengan Selasa (13/9) dini hari Waktu Indonesia Barat, sederet bintang Avatar termasuk sutradara James Cameron berkumpul untuk sebuah sesi konferensi pers penayangan kembali film itu di bioskop. detikcom hadir secara virtual bersama Sam Worthington, Zoe Saldaña, Sigourney Weaver, Michelle Rodriguez, dan Stephen Lang dalam konferensi pers tersebut.

Konferensi pers itu sekaligus menjadi sesi reuni dan nostalgia buat para cast Avatar. Mereka mengenang bagaimana proses syuting yang dilakukan set yang mereka sebut 'Volume' lebih dari 12 tahun lalu. Visi seorang James Cameron juga membuat para pemain tak hanya kagum, tapi juga terpesona dengan hasil akhir dari filmnya. detikcom kemudian bertanya bagaimana reaksi pertama mereka ketika menyaksikan Avatar di layar lebar untuk pertama kalinya. Begini jawaban mereka:

Zoe Saldaña (Neytiri): "Aku benar-benar shock dan rasanya seperti rohku keluar dari tubuhku. Benar-benar imersif dan tidak seperti yang pernah kita lihat sebelumnya. Aku menilai pengalaman ini sebagai sesuatu yang membuatku rendah hati, karena awalnya kita tidak langsung keluar sebagai film yang besar, tapi kemudian arusnya semakin deras dan kencang. Aku menyaksikan sesuatu yang benar-benar luar biasa dan itu membuatku merasa rendah hati."

Sigourney Weaver (Grace Augustine): "Teknologi 3 dimensi dan dunia yang terlihat di layar ketika karakter Sam Worthington hampir terjatuh ke jurang tak berujung itu benar-benar menakjubkan buatku. Saat itu, 3 dimensinya membuat kami sebagai penonton merasa berada di ruang yang sama dengan Jake Sully. Teknologi 3 dimensinya membuat adegan ketika Neytiri bergerak di dalam hutan terasa sangat nyata dan menghapus jarak antara aku dan dunia Pandora."

(Ki-Ka): Sam Worthington sebagai Jake Sully and Stephen Lang sebagai Colonel Miles Quaritch. Foto: Mark Fellman. © 2009 Twentieth Century Fox. All Rights Reserved.(Ki-Ka): Sam Worthington sebagai Jake Sully and Stephen Lang sebagai Colonel Miles Quaritch. Foto: Mark Fellman. © 2009 Twentieth Century Fox. All Rights Reserved. Foto: Courtesy Twentieth Century Fox/Courtesy of WETA

Stephen Lang (Colonel Quaritch): "Masih segar dalam ingatanku ketika aku membaca naskahnya. Benar-benar membuatku terpana karena skripnya sangat detail, kaya, padat dengan deskripsi hampir seperti novel. Ini bukan naskah konvensional seperti yang biasa aku terima. Sangat luar biasa ketika akhirnya apa yang aku baca diterjemahkan ke layar. Benar-benar pengalaman yang mendebarkan!"

Michelle Rodriguez (Trudy Chacon): "Rasanya ketika pertama kali nonton Avatar di layar lebar seperti memegang mikrofon lalu menjatuhkannya. Itu adalah mic drop moment banget! Buatku, keseluruhan proyek ini adalah seperti menilai apa yang tidak ternilai. Soal cinta, alam, keindahan, aku melihat semuanya ketika Jim (Cameron) menceritakan soal dunia dan warna dari semesta ini. Pria ini tidak berhenti dalam memberikan deskripsi keindahan Pandora. Dia bisa membuat koneksi antara keindahan, Pandora, dan alam, dan tentunya koneksi dengan manusia. Dan semua yang dia tulis di naskah tergambar di layar."

Untuk Sam Worthington (Jake Sully), pertanyaannya sedikit diubah untuk memberi warna. Kalau yang lain ditanya bagaimana pengalaman pertama mereka melihat Avatar di layar lebar, Sam ditanya soal reaksinya ketika menyaksikan karakternya dalam bentuk avatar.

"Persis seperti kami!" kata Sam Worthington.

"Jim (Cameron) berjanji pada kami, walaupun tubuh kami berubah besar dan biru, tapi kami akan tetap terlihat seperti diri kami sendiri. Ini seperti next level makeup, tapi aku ingat dia bilang meski kami biru, semua pori-pori, detail wajah kami akan tetap terlihat seperti kami. Detail akting kami tidak terhapus, itu yang dia janjikan. Kami sangat beruntung terlibat dalam proyek ini," tutur Sam Worthington.

Sam Worthington sebagai Jake Sully dalam Avatar. Foto: Twentieth Century Fox. All Rights Reserved.Sam Worthington sebagai Jake Sully dalam Avatar. Foto: Twentieth Century Fox. All Rights Reserved. Foto: dok. Twentieth Century Fox

Film pertama Avatar mendapatkan sembilan nominasi di Oscar, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Di tahun 2009, film itu juga memenangkan tiga Oscar untuk kategori Sinematografi Terbaik, Desain Produksi, dan Efek Visual.

Penayangan ulang Avatar ditandai dengan perilisan poster baru yang menampilkan shot close-up Neytiri. Warna kulit Neytiri yang biru terlihat berkilau dan lebih tajam, mengisyaratkan film itu akan hadir lagi dengan kualitas yang lebih jernih dari sebelumnya.

Itu bukan pertama kalinya Avatar dirilis ulang di bioskop. Sebelumnya film tersebut pernah juga tayang lagi di bioskop di Tiongkok yang membuat pemasukan filmnya bertambah dan bisa merebut posisi sebagai film terlaris di dunia dari Avengers: Endgame.

Avatar tayang lagi di bioskop September 2022.Avatar tayang lagi di bioskop September 2022. Foto: dok. 20th Century Studios

Avatar rencananya akan tayang lagi di bioskop Amerika Serikat pada 23 September 2022. Kita masih harus menunggu pengumuman resmi buat tanggal tayang di bioskop Indonesia.

Sementara itu, sekuel Avatar yang akan datang di Desember bakal kembali menghadirkan Sam Worthington dan Zoe Saldaña. Film itu juga kembali dibintangi oleh Stephen Lang, Giovanni Ribisi, Joel David Moore, Dileep Rao, CCH Pounder, dan Matt Gerald.

Sederet nama baru yang juga bergabung dalam proyek tersebut. Termasuk Kate Winslet, Michelle Yeoh, Cliff Curtis, Edie Falco, Brendan Cowell, Jemaine Clement, Oona Chaplin, Vin Diesel, dan CJ Jones.

Avatar: The Way of Water akan dirilis di bioskop 16 Desember 2022.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT