ADVERTISEMENT

Keren! Ngeri-Ngeri Sedap Dikirim ke Oscar

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 13 Sep 2022 14:38 WIB
Poster Film Ngeri-Ngeri Sedap
Foto: imdb.com
Jakarta -

Indonesia kembali mengirim perwakilan untuk kategori The International Feature Film Award (Penghargaan Film Fitur Internasional) di ajang Oscar 2023. Film Ngeri-Ngeri Sedap dipilih buat mewakili Indonesia. Bangga!

Ngeri-Ngeri Sedap jadi film berlatar budaya Batak pertama yang akan berlaga di kompetisi ini. Ditulis dan disutradarai oleh Bene Dion Rajagukguk, film Ngeri-Ngeri Sedap berkisah tentang kehidupan sebuah keluarga yang mengalami disrupsi dalam kehidupan modern.

Ngeri-Ngeri Sedap dibintangi oleh Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butar-butar, Lolox, dan Indra Jegel. Ditayangkan tengah tahun 2022 ini, Ngeri-Ngeri Sedap berhasil jadi salah satu box office film Indonesia dengan perolehan lebih dari 3 juta penonton.

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 beranggotakan 9 tokoh perfilman berbagai bidang dan wartawan serta kritikus film, yakni: Deddy Mizwar, Zairin Zain, Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi. Pada Senin (12/9/2022) sejak pagi hingga petang, para anggota komite berkumpul di Studio XXI di Plaza Senayan untuk melakukan seleksi.

Deddy Mizwar menjelaskan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebuah film untuk dapat mengikuti ajang Oscar. Salah satunya adalah film yang sudah pernah dipertunjukkan di bioskop selama seminggu secara berturut-turut. Beberapa syarat lainnya termasuk yang mencakup ke persoalan teknis juga dijadikan pertimbangan.

Setelah menayangkan film-film yang akan diseleksi, komite melakukan diskusi. Pada akhirnya Ngeri-Ngeri Sedap terpilih buat mewakili Indonesia ke ajang Oscar 2023.

"Inilah maksimal yang dihasilkan komite seleksi Oscars Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film kita itu bisa berjaya di ajang oscar" ujar Deddy Mizwar, menutup rapat Senin (12/9) petang, seperti dalam rilis resmi yang diterima detikcom.

Setiap tahunnya, Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberikan penghargaan untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat yang sebagian besar berisi dialog non-bahasa Inggris. Sebelum Ngeri-Ngeri Sedap, Indonesia sudah pernah mengirimkan film Nagabonar (1987) buat perwakilan di kategori The International Feature Film Award. Nagabonar jadi film Indonesia pertama yang dikirim ke Oscar sepanjang sejarah perfilman Tanah Air.

Penyerahan Oscar 2023 atau The 95th Academy Awards akan dilakukan pada 12 Maret 2023.

(aay/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT