ADVERTISEMENT

Decision To Leave Karya Park Chan Wook Berkompetisi di Oscar 2023

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Jumat, 19 Agu 2022 18:52 WIB
Poster film Decision to Leave (2022).
Foto: Dok. Ist
Jakarta -

Setelah perdana diputar di Cannes tahun ini, film arahan Park Chan Wook yang berjudul Decision To Leave dipilih buat mewakili Korea Selatan di Oscar 2023. Film ini bakal berkompetisi di kategori Best International Feature.

Decision To Leave diperankan oleh Park Hae Il sebagai seorang detektif polisi bernama Hae Joon. Suatu hari dia dihadapkan dengan sebuah kasus kematian misterius seorang pria yang jatuh dari puncak gunung. Saat melakukan investigasi itu, timbul rasa sayang antara dirinya dengan janda pria yang mati tersebut. Perempuan itu bernama Seo Rae yang diperankan oleh Tang Wei. Dia merupakan tersangka dari kasus ini.

Decision To Leave sempat ditayangkan di jaringan bioskop CGV pada bulan Juli lalu. Film ini mencuri perhatian banyak pecinta film Indonesia karena buah karya Park Chan Wook yang sebelumnya dikenal lewat Old Boy (2003) dan The Handmaiden (2016) tak perlu lagi diragukan kualitas cerita dan sinematografinya.

Film berdurasi 138 menit ini diputar perdana di Cannes pada 23 Mei lalu, yang dilanjutkan dengan pemutaran di seluruh bioskop Korea pada 29 Juni 2022. Dalam waktu dekat, film Decision To Leave juga akan tayang di bioskop Amerika Serikat.

Decision To Leave memulai produksi pada Oktober 2020 dan melewati proses pascaproduksi di akhir 2021 hingga awal 2022. Dari Cannes Film Festival 2022 film ini dianugerahi piala Best Director buat Park Chan Wook. Decision To Leave juga dinominasikan buat piala Palme d'Or namun tak keluar sebagai juara.

Pada September nanti, Decision To Leave akan tayang juga di Toronto International Film Festival. Lalu di bulan yang sama pemutaran perdana di Amerika Serikat akan dilakukan di Fantastic Fest Film Festival di Austin, Texas.

Ada banyak wajah-wajah familier dalam Decision To Leave yang tampil sebagai cameo. Di tengah misteri dan drama yang dihadirkan, film ini juga menyelipkan banyak sekali komedi. Kebanyakan dimunculkan oleh aktor Go Kyung Pyo yang memerankan asisten detektif bernama Soo Wan.

Beberapa cameo yang muncul di film ini antara lain Kim Shin Young, Go Min Si, Park Jeong Min, Lee Hak Joo, hingga Joo In Young.

(aay/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT