ADVERTISEMENT

Joko Anwar Sebut Ada Dua Sri Asih, Siapa Selain Pevita Pearce?

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 14 Agu 2022 12:04 WIB
Pevita Pearce
Foto: dok. Instagram @pevpearce
Jakarta -

Film Sri Asih sudah dapat jadwal tayang di bioskop Indonesia. Bumilangit mengumumkan film yang diperankan oleh Pevita Pearce itu bisa disaksikan di bioskop mulai 6 Oktober 2022. Berbarengan dengan pengumuman tanggal tayang ini, ada juga sebuah 'pemberitahuan' istimewa.

Joko Anwar selaku produser dan penulis Sri Asih mengungkapkan ada dua sosok jagoan perempuan dalam produksi film Sri Asih. Pevita Pearce adalah Sri Asih di layar, sementara di belakang layar ada satu sosok yang tak kalah jagoan.

"Aku bisa bilang kalau dalam film Pevita Pearce adalah Sri Asih, kalau di project-nya sendiri, di tim produksi Upi itu sudah kayak Sri Asih juga. Karena dia seorang sutradara yang betul-betul dengan segala kondisi pada waktu itu memang syutingnya memang pandemi dan kita harus berhenti 4 kali karena outbreak. Tapi Upi itu luar biasa sekali semangatnya memimpin kru. She's a leader. Dia mewarisi sikap Sri Asih. Dia orang yang paling tepat menyutradarai dan memimpin produksi Sri Asih ini. Aku bangga banget sama Upi dan bangga banget sama hasilnya," ungkap Joko Anwar dalam siaran Space Twitter jelang akhir pekan ini.

Joko Anwar menyebut bahwa Sri Asih merupakan sebuah proyek yang sangat rumit, namun penuh semangat dari timnya di Jagat Sinema Bumilangit. Menurut dia, meski tidak ada pandemi, proyek film itu punya kerumitan tersendiri.

Hal itu lantaran Joko Anwar punya standar yang tinggi buat filmnya. Terlebih setelah Jagat Sinema Bumilangit dibuka oleh film Gundala yang disutradarai oleh dia juga. Di akhir film itu, sosok Sri Asih sempat muncul sekilas.

"Kalaupun misalnya nggak ada pandemi, ini akan jadi satu project yang akan kompleks dan rumit. Dari segi cerita tentunya kita ingin lebih baik penceritaan dari Gundala, dari segi teknis dan estetika, dari segala level merupakan achivement lebih lagi dari yang pernah kita lakukan. Jadi memang memulai project Sri Asih ini inginnnya jadi sesuatu yang lebih dari yang kita lakukan," lanjut dia.

Dipilihnya Upi sebagai sutradara film Sri Asih menurut Joko Anwar adalah sebuah keniscayaan. Tak ada sosok sutradara perempuan yang dianggap layak untuk mengarahkan film ini.

Terlebih setelah melihat hasil dari filmnya, Joko Anwar sangat puas. Menurutnya, Sri Asih ada di level yang jauh berbeda dengan Gundala.

"Upi adalah seorang yang berhasil yang mewujudkan visi Sri Asih ke layar," tutup dia.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT